Mengidentifikasi Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Kampus II Jalan Williem Iskandaar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Khairunnisa, Khairunnisa (2023) Mengidentifikasi Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Kampus II Jalan Williem Iskandaar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (745kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Pengelolaan sampah yang baik dimulai dari sumber awal sampah dikumpulkan hingga pemrosesan akhir yang didasarkan pada komposisi, karakteristik dan timbulan sampah. Akan tetapi hingga saat ini pengelolaan sampah di kampus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara masih belum optimal, permasalahan pengelolaan sampah tersebut meliputi tidak adanya pemilahan sampah di sumber, selain itu juga pemanfaatan TPS Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang masih belum optimal dan letaknya tidak strategis dan pengelolaanya salah satunya dengan melakukan pembakaran sampah yang dimana sangat tidak optimal apalagi dilingkungan kampus yang dapat mengakibatkan pencemaran udara yang ada dilingkungan kampus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Metode : Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam dengan para petugas kebersihan di lingkungan kampus universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Hasil Penelitian : Diatas didapatkan hasil, seluruh informan memahami segala proses pengelolaan sampah yang ada di lingkungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, mulai dari awal hingga akhir, namun jika dikaitkan dengan metode 3R (Reduce, Reuse Recycle) sangat disayangkan segala proses pengelolaan sampah yang diterapkan di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dari segi besarnya hanya melakukan proses pengelolaan sampah dengan metode reduce (pengurangan) saja, dan belum menerapkan sisanya seperti reuse dan recycle. Kesimpulan : Proses pengelolaan sampah dengan metode 3R masih sangat belum maksimal diterapkan secara keseluruhan sehingga proses pengelolaan sampah dengan metode 3R masih terdapat kendala yang dirasakan oleh para petugas kebersihan itu sendiri dalam pengelolaannya. Saran : Saran yang bisa diterima dari penelitian ini yaitu semoga pihak kampus mungkin dapat lebih memperhatikan pengelolaan sampah dengan metode 3R yang masih belum diterapkan dengan sempurna, seperti Reduce dan Recycle yang belum menjadi kegiatan yang rutin dilakukan dalam kegiatan pengelolaan sampah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan sampah, Metode 3R, Sampah
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 May 2023 03:04
Last Modified: 04 May 2023 03:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19021

Actions (login required)

View Item View Item