Analisis Implementasi Kebijakan Program Pencegahan Stunting Ditinjau Dari Intervensi Gizi Spesifik Gerakan 1000 HPK Di Desa Sayur Maincat

Siregar, Mutia Serena (2023) Analisis Implementasi Kebijakan Program Pencegahan Stunting Ditinjau Dari Intervensi Gizi Spesifik Gerakan 1000 HPK Di Desa Sayur Maincat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Pemerintah daerah Kabupaten Padang Lawas mengeluarkan kebijakan melalui Peraturan Bupati Nomor 19 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi melalui Intervensi Gizi Spesifik yang ditujukan kepada anak yang dalam 1000 (HPK) umumnya dilakukan oleh sektor kesehatan dan Intervensi Gizi Sensitif yang akan dilakukan di luar sektor kesehatan dengan sasaran semua masyarakat umum. Peraturan ini bertujuan untuk meningkatkan status gizi masyarakat dan kualitas sumber daya manusia melalui strategi yang akan dilakukan seperti edukasi, penyuluhan kesehatan dan gizi melalui kemandirian keluarga, gerakan masyarakat hidup sehat dan mengoptimalkan gerakan seribu hari pertama kehidupan (HPK). Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan pada program pencegahan stunting yang ditinjau dari intervensi gizi spesifik di Desa Sayur Maincat. Metode :penelitian kombinasi (Concurrent mixed methods) yaitu metode yang menggabungkan antara metode kualitatif dan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Hasil: memberikan pola asuh dan pelaksanaan IMD juga belum terlaksana secara optimal karena kurangnya pengetahuan ibu terkait pola asuh yang baik dan IMD, faktor tersebut disebabkan kurangnya sosialisasi dan dorongan tenaga kesehatan tentang pola asuh ke masyarakat terutama ibu balita. Kesimpulan : Implementasi kebijakan pencegahan stunting masih belum maksimal dalam mensosialisasikan ke masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi,Program,Pencegahan,Stunting,Intervensi.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 May 2023 08:35
Last Modified: 03 May 2023 08:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19014

Actions (login required)

View Item View Item