Pemanfaatan Dana Desa Berbasis Nilai Kearifan Budaya Lokal (Studi Kasus di Desa Pagar Gunung Kecamatan Halongonanan Paluta)

Siregar, Anna Sari (2022) Pemanfaatan Dana Desa Berbasis Nilai Kearifan Budaya Lokal (Studi Kasus di Desa Pagar Gunung Kecamatan Halongonanan Paluta). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (553kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA, LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bangsa Indonesia dianugerahi berbagai ragam kearifan lokal yang tersebar pada berbagai wilayah di seluruh Nusantara. Kearifan lokal merupakan warisan budaya bangsa. Kearifan lokal berbeda-beda di setiap daerah dan di dalamnya terkandung norma-norma dan nilai-nilai. Untuk mengetahui kearifan disuatu wilayah tersebut. Dalam konteks penggunaan dana desa maka pelibatan masyarakat dalam seluruh aspek pembangunan desa harus ditekankan lewat partisipasi mereka dalam mengelola dana desa berbasis kearifan lokal, sehingga akan memberikan kemampuan masyarakat mengakses, dan mengontrol penggunaan dana desa secara lebih optimal, efektif, efisien dan berkelanjutan. Pendekatan partisipatif masyarakat dalam proses mengelola dana desa dengan memanfaatkan potensi-potensi lokal yang ada di masyarakat merupakan suatu kemajuan dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode Kualitatif Eksploratif. Dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan Teknik wawancara dengan metode wawancara mendalam (indepht interview), dokuemntasi, dengan menggunakan informan yang terdiri dari tokoh-tokoh kunci masyarakat sebagai sumber informasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kearifan lokal suatu wilayah dapat dijadikan sebagai modal sosial dalam mengawal pemanfaatan dana desa yaitu menguatkan implementasi prinsip-psrinsip leluhur yang diperoleh dari kearifan budaya lokal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kearifan lokal, Pemerataan, Partisipasi
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 May 2023 02:06
Last Modified: 03 May 2023 02:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18996

Actions (login required)

View Item View Item