Peran Orang Tua Menjadi Guru Pendamping Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Portibi Julu

Khadijah, Khadijah and Arlina, Arlina and Welni, 3Welni and Maisarah, 4Maisarah (2022) Peran Orang Tua Menjadi Guru Pendamping Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Portibi Julu. Jurnal Raudhah, 10 (1). ISSN 2716-2435

[img] Text
19. Peran Orang Tua Menjadi Guru Pendamping Anak Usia 5-6 Tahun Januari-Juni 2022.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peran orang tua dan kendala yang dialami orang tua sebagai guru pendamping anak pada masa pandemi covid-19 di desa Portibi Julu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan pada penelitian ini, yaitu: tiga orang tua di desa Portibi Julu Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Syarat partisipan, yaitu: orang tua yang mempunyai anak berusia 5-6 tahun di Desa Portibi Julu dan anak tersebut terdata aktif sebagai peserta didik pada lembaga PAUD/ TK/ sederajat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: wawancara terstruktur. Analisis yang dilakukan yaitu dengan konsep Miles dan Hubermen yaitu analisis data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada empat peran orang tua menjadi guru pendamping anak usia 5-6 tahun di masa pandemi covid-19 yaitu: sebagai guru, fasilitator, motivator, dan pengasuh; dan (2) kendala yang dialami orang tua berupa orang tua sibuk bekerja, orang tua tidak sabar mengajari anak dan orang tua sulit untuk menumbuhkan minat belajar anak.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Apr 2023 14:49
Last Modified: 19 Apr 2023 14:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18946

Actions (login required)

View Item View Item