Pelaksanaan komunikasi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Aliyah Negeri Langsa

Irwan, Ari (2017) Pelaksanaan komunikasi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Aliyah Negeri Langsa. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Ari Irwan PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana pelaksanaan komunikasi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrsah Aliyah Negeri Langsa, komunikasi apa yang dibangun oleh kepala madrasah dengan para guru, staf dan komite madrasah, serta bentuk-bentuk komunikasi yang dibangun oleh kepala madrasah dengan para guru, staf pimpinan dan komite madrasah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi Kepala Madrasah dengan staf pimpinan dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Aliyah Negeri Langsa, 2) untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi Kepala Madrasah dengan guru dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Aliyah Negeri Langsa. 3) untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi Kepala Madrasah dengan Komite dalam meningkatkan profesionalitas guru di Madrasah Aliyah Negeri Langsa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian kualitatif ini bagaimana membangun pengetahuan melalui pemahaman dan penemuan. Penggunaan pendekatan penelitian kualitatif ini dilakukan karena berkaitan dengan proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki fenomena sosial dan masalah manusia. Dalam penelitian ini sumber data diambil dari hasil observasi, wawancara, serta dokumentasi dari pihak-pihak yang terkait dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Madrasah memang melaksanakan komunikasi dengan para guru, staf dan komite madrasah dalam meningkatkan profesionalitas di Madrasah Aliyah Negeri Langsa. Sedangkan bentuk komunikasi yang dilaksanakan kepala madrasah dengan para guru, staf, serta komite madrasah melalui komunikasi internal dengan menggunakan dua bentuk, pertama kepala madrasah melaksanakan komunikasi ke bawah (dawnward communication) yaitu komunikasi yang datangnya dari kepala madrasah kepada para guru, staf dan komite madrasah. Kedua kepala madrasah juga melaksanakan komunikasi ke atas (upward communication) yaitu komunikasi yang datangnya dari para guru, staf dan komite madrasah kepada kepala madrasah. ABSTRACT

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:45
Last Modified: 01 Aug 2017 04:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item