Pandangan fungsionaris MUI Kota Medan tentang pemenuhan hak dan kewajiban suami dalam praktik Khuruj pada jamaah tabligh (Studi Kasus Di Markaz Jama’ah Tabligh Medan Marelan)

Nasution, Yudi Subakti (2023) Pandangan fungsionaris MUI Kota Medan tentang pemenuhan hak dan kewajiban suami dalam praktik Khuruj pada jamaah tabligh (Studi Kasus Di Markaz Jama’ah Tabligh Medan Marelan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (724kB)
[img] Text
bab1.pdf

Download (387kB)
[img] Text
bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
bab3 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
bab5.pdf

Download (136kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (423kB)

Abstract

Islam memerintahkan setiap umatnya untuk senantiasa beriman dan beribadah kepada Allah SWT, serta Islam juga menyeru umatnya untuk mengajak orang lain dalam hal kebaikan. Itulah yang menjadi landasan awal pergerakan khurūj pada jama’ah tablig, namun yang sangat disayangkan dalam praktik ini adalah ketika setiap jama’ah melakukan khurūj banyak dari mereka yang melalaikan tanggung jawabnya sebagai suami untuk memberikan hak dan kewajibannya kepada istrinya. Dimana hak dan kewajiban itu terdiri dari hak lahir dan batin. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemenuhan hak dan kewajiban istri yang suaminya melakukan khurūj menurut Fungsionaris Majelis Ulama Kota Medan. Dengan rumusan masalah berikut, bagaimana praktik khurūj Jama’ah Tabligh yang khurūj di markaz Jama’ah Tabligh Medan Marelan, bagaimana pemenuhan kewajiban suami ketika khurūj, dan bagaimana pendapat Fungsionaris MUI Kota Medan mengenai pemenuhan hak dan kewajiban yang dilakukan Jama’ah Tabligh di Markaz Medan Marelan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian yuridis empiris yang menggunakan dua sumber data yaitu primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik, field research atau penelitian lapangan yaitu dengan cara pengumpulan wawancara, observasi. Serta metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif yang disajikan dalam bentuk deksriptip. Dari hasil penelitian ini ditemukan hasil bahwa pada dasarnya ketentuan tentang khurūj bagus dan sesuai dengan ketentuan syariat, namun dalam praktiknya masih ada jama’ah tabligh ketika ber-khurūj belum memenuhi hak dan kewajibannya sebagai suami kepada istri dan anaknya yang sesuai dengan ketentuan fikih, UUP, dan juga KHI. Sehingga fungsionaris MUI Kota Medan mengakatan untuk memenuhi hak dan kewajiban suami ketika khurūj hendak menyiapkan diri, financial, keseahatan, dan melakukan khurūj diwaktu yang tepat serta lebih mengutamakan kewajibannya sebagai suami dan ayah dan tidak membuat mereka tidak terpenuhi kebutuhannya baik secara materi maupun non materi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jama’ah Tabligh, Khurūj, Hak dan Kewajiban, Markaz Jama’ah Tabligh, Khurūj Fī Sabīlillāh)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.31 Nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhshiyyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:41
Last Modified: 18 Apr 2023 04:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18901

Actions (login required)

View Item View Item