Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM) Pada Laporan Keuangan Pabrik Tempe Rumahan (UMKM Desa Pekan Tolan Kabupaten Labuhan batu selatan)

Nasution, Nur Kamelia (2023) Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM) Pada Laporan Keuangan Pabrik Tempe Rumahan (UMKM Desa Pekan Tolan Kabupaten Labuhan batu selatan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (763kB)

Abstract

UMKM telah dipilih oleh banyak orang untuk bebas dari masalah sosial. Pencatatan atas laporan keuangan UMKM harus memenuhi Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM). Namun, banyak UMKM seperti Desa Pekan Tolan yang tidak memiliki standar pelaporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pabrik tempe rumahan mengumpulkan dan menyajikan data keuangan dan bagaimana penerapan yang dilakukan pabrik tempe rumahan terkait standar yang berlaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sebagai metodologi yang tepat untuk wawancara mendalam dan observasi. Penelitian ini dilakukan di pabrik perumahan sementara di Desa Pekan Tolan, Desa Kampung Rakyat, Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pabrik tempe rumahan dalam pencatatan laporan keuangan nya masih dilakukan secara manual dan sangat sederhana, serta penerapannya belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam SAK EMKM. Pencatatan laporan keuangan yang disajikan oleh pabrik tempe rumahan hanya laporan laba rugi, namun untuk laporan posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan belum dilakukan pencatatan, dikarenakan beberapa faktor sehingga SAK EMKM tidak diterapkan di pabrik tempe rumahan yaitu kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang penyajian laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Perusahaan Kecil, Menengah, ha (SASK EMKM) (SAK EMKM).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SAK EMKM, UMKM, Laporan Keuangan.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Apr 2023 04:22
Last Modified: 18 Apr 2023 04:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18899

Actions (login required)

View Item View Item