Analisis Kadar Logam Timbal (Pb) dan Kadmium (Cd) Pada Air Sungai Kali Bulan Yang Terdapat di Kecamatan Lawe Bulan, Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara

Ardika, Rizki (2023) Analisis Kadar Logam Timbal (Pb) dan Kadmium (Cd) Pada Air Sungai Kali Bulan Yang Terdapat di Kecamatan Lawe Bulan, Kutacane, Kabupaten Aceh Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover RizkiArdika.pdf

Download (947kB)
[img] Text
BAB I RizkiArdika P.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II RizkiArdika P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (945kB)
[img] Text
BAB III RizkiArdika P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
BAB IV RizkiArdika P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V RizkiArdika P.pdf

Download (174kB)
[img] Text
Pustaka dan lampiran RizkiArdika.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Timbal (Pb) dan Kadmium (Cd) termasuk logam berat yang beracun yang dapat menyebabkan rusaknya tatanan ekosistem air. Pola penggunaan air sungai yang rutin setiap hari digunakan masyarakat dalam mendukung kehidupannya dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan menyebabkan terjadinya penyakit. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui kadar logam Pb dan Cd pada air Sungai Kali Bulan dan mengetahui pemanfaatan air sungai serta mengetahui kejadian penyakit yang diakibatkan oleh logam berat timbal dan kadmium. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah metode observasional dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil: Hasil uji laboratorium menunjukkan kadar logam Timbal (Pb) dan kadar Kadmium (Cd) pada Sungai Kali Bulan masih berada dibawah baku mutu perairan yang diizinkan sesuai PP No.82 Tahun 2001. Hasil uji univariat menunjukkan mayoritas responden memiliki frekuensi 7x dalam seminggu menggunakan air sungai kali bulan untuk keperluan mandi dan konsumsi air minum dalam satu minggu terakhir. Hasil analisis data dari RSUD H. Sahudin Kutacane, menunjukkan jumlah kasus yang paling banyak ditangani oleh pihak rumah sakit dalam selama Januari s/d September 2022 terkait penyakit yang diakibatkan oleh paparan kandungan logam berat Timbal dan Kadmium yaitu penyakit kerusakan otak besar. Walaupun tidak tertutup kemungkinan terdapat faktor lain yang menyebabkan terjadinya kasus kerusakan otak besar tersebut, Kesimpulan: Walaupun rendahnya kadar Timbal dan Kadmium pada air Sungai Kali Bulan, tetapi jika digunakan masyarakat secara rutin dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan menyebabkan terjadinya penyakit. Saran: Masyarakat diharapkan menjaga kebersihan airsungai dan tidak mencemarinya dengan aktifitas yang berdampak terhadap tingginya kadar logam berat Timbal dan cadmium pada air sungai tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Timbal (Pb), Kadmium (Cd), Air Sungai Kali Bulan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:45
Last Modified: 18 Apr 2023 03:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18894

Actions (login required)

View Item View Item