Pesan Dakwah Upacara Pernikahan Anak Laki-Laki Pada Adat Tapanuli Selatan dalam Membina Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Desa Siunggam Jae Kecamatan Padang Bolak

Muhammad, Teuku Fadhil (2022) Pesan Dakwah Upacara Pernikahan Anak Laki-Laki Pada Adat Tapanuli Selatan dalam Membina Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Desa Siunggam Jae Kecamatan Padang Bolak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ingin mengetahui prosesi dan pesan dakwah yang terdapat pada upacara pernikahan anak laki-laki pada adat Tapanuli Selatan dalam membina keluarga sakinah, mawaddah, warahmah di Desa Siunggam Jae kecamatan Padang Bolak. Landasan teoritis yang digunakan ialah pada pesan dakwah yang termaktub pada pesan aqidah, pesan syariah juga pesan muamalah. Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan observasi langsung ke lapangan, melihat bagaimana tradisi itu dijalankan pada adat pernikahan tersebut. Pada penelitian juga menggunakan metodologi dokumentasi serta wawancara terstruktur. Hasil dari penelitian ini, terdapat beberapa poin. Dalam hal tradisi pernikahan ini terbagilah ke dalam dua poin yaitu ritual pra-pernikahan serta ketika pernikahan berlangsung. Pada pra-pernikahan ada ritual mangaririt boru (menyelidiki calon pengantin), padamos hata (penyampaian maksud), patobang hata (memantapkan pembicaraan), dan manulak sere (menyerahkan mahar). Sedangkan untuk pernikahan, ada beberapa ritual tetapi untuk pesan dakwah sangat kental terdapat pada tradisi mangupa (ungkapan doa diselingi nasehat dari para orang tua atau sesepuh). Tradisi mangupa sendiri adalah tradisi yang berisi nasehat serta petuah yang disampaikan oleh ketua adat. Pada penelitian ditemukanlah pesan-pesan dakwah yang berkenaan dengan pesan aqidah, pesan syariat, juga pesan muamalah. Yang bisa dibagi menjadi beberapa poin yaitu : 1) Pesan taat beribadah, 2) Pesan Dakwah untuk Menyayangi Ibu, 3) Pesan Untuk Saling Menutup-Nutupi, 4) Pesan Untuk Semakin Dewasa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah, Pernikahan, Mangupa
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.23 Materi Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Apr 2023 03:05
Last Modified: 18 Apr 2023 03:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item