Konsep Keluarga Sakinah Menurut Abdul Hamid Khisyk Terhadap Hubungan Pekerjaan Ayah Dalam Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga (Studi Kasus: Supir Truk di Desa Sei Kasih Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhan Batu)

Ritonga, Ema Syafitri (2022) Konsep Keluarga Sakinah Menurut Abdul Hamid Khisyk Terhadap Hubungan Pekerjaan Ayah Dalam Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga (Studi Kasus: Supir Truk di Desa Sei Kasih Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhan Batu). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (982kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (913kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (703kB)

Abstract

Seorang ayah yang bekerja sebagai supir truk merupakan salah satu pekerjaan yang tidak mudah, dikarenakan terdapat beberapa aspek diantaranya, yaitu: memiliki jam kerja yang tidak menentu, pulang tidak sesuai dengan yang diinginkan, karena perjalanan yang lumayan jauh dan memakan waktu yang cukup lama, kekhawatiran terjadinya perselingkuhan karena kesempatan mencari pasangan lain sangat terbuka lebar, dan kekhawatiran tidak fokus dalam mengemudi apabila di dalam rumah tangga sedang dirundung permasalahan, apalagi isu yang beredar di Masyarakat tentang supir truk yang sering mampir di warung-warung untuk jajan sebagai hiburan di perjalanannya. Tetapi dalam hal ini tidak semua supir truk seperti demikian. di Desa Sei Kasih Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhan Batu bahwa ayah yang bekerja sebagai supir truk sangat mempengaruhi keharmonisan tumah tangganya. Penelitian ini dirumuskan pada 3 rumusan masalah, yaitu: 1. Bagaimana konsep keluarga sakinah menurut Abdul Hamid Khisyk? 2. Bagaimana sikap dan kebiasaan ayah yang berkerja sebagai supir truk dalam menjaga keharmonisan rumah tangga? 3. Apakah sikap dan kebiasaan ayah yang bekerja sebagai supir truk sesuai konsep keluarga sakinah menurut Abdul Hamid Khisyk?. Sedangkan tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengkaji dan menganalisis bagaimana sikap dan kebiasaan ayah untuk membentuk keharmonisan rumah tangga di kalangan supir truk menurut konsep keluarga sakinah Abdul Hamid Khisyk. Untuk memperoleh jawaban dari rumusan masalah di atas, maka studi ini diarahkan pada jenis penelitian yuridis empiris atau yaitu penelitian hukum study kasus (study case), dikarenakan dalam penelitian ini peneliti harus terjun ke masyarakat, peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif secara sosiologis, di dalam pendekatan ini biasanya digunakan pada penelitian lapangan untuk mendapatkan data dan gambaran yang jelas serta konkrit. Dalam hal ini, data maupun informasi bersumber dari Masyarakat Desa Sei Kasih Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhan Batu yang bekerja sebagai supir truk. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data dari lapangan, interview, observasi dan dokumentasi ke beberapa pihak yang bersangkutan dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa di Desa Sei Kasih Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhan Batu khususnya di kalangan supir truk dapat mewujudkan rumah tangga yang harmonis sesuai dengan konsep keluarga sakinah menurut Abdul Hamid Khisyk yaitu taat terhadap ajaran agama, menjalin komunikasi secara efektif dengan keluarga menanamkan pendidikan formal dan informal, dan tercukupinya segala kebutuhan hidup.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.31 Nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhshiyyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Apr 2023 04:31
Last Modified: 16 Apr 2023 04:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18847

Actions (login required)

View Item View Item