Pengaruh Latihan Peregangan Terhadap Penurunan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Cleaning Service UINSU Tuntungan

Pertiwi, Nia (2022) Pengaruh Latihan Peregangan Terhadap Penurunan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Cleaning Service UINSU Tuntungan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI NIA PERTIWI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 SKRIPSI NIA PERTIWI.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 2 SKRIPSI NIA PERTIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB 3 SKRIPSI NIA PERTIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] Text
BAB 4 SKRIPSI NIA PERTIWI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB 5 SKRIPSI NIA PERTIWI.pdf

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI NIA PERTIWI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latihan Peregangan dapat dijadikan salah satu aktivitas fisik yang dapat dilakukan. Peregangan adalah bagian penting dari rejimen (aturan dan perilaku) kebugaran yang sehat. Latihan peregangan dan pemanasan sebelum kerja dapat mengurangi risiko cedera musculoskeletal, mengurangi kelelahan, meningkatkan keseimbangan. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh latihan peregangan terhadap penurunan keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Cleaning Service UINSU Tuntungan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan pre-test dan post-test design. Penelitian ini dilakukan di kampus IV Universitas Islam Negeri Sumatera Utara pada bulan desember tahun 2022. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 42 orang yaitu 29 orang laki – laki dan 13 orang perempuan. Pengumpulan data ini mengunakan kuesioner Nordic Body Map (NBM) dengan analisis Uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan 12 orang responden yang mengalami penurunan MSDs dan menunjukkan bahwa terdapat nilai P-value 0 < 0,05 yang berarti latihan peregangan efektif terhadap penurunan keluhan musculoskeletal disorders. Kesimpulan penelitian ini ialah Latihan Peregangan lebih efektif dalam menurunkan keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Cleaning Service UINSU Tuntungan jika dilakukan setiap harinya sebelum melakukan pekerjaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Latihan Peregangan, musculoskeletal, Petugas Kebersihan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Apr 2023 03:25
Last Modified: 16 Apr 2023 03:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18835

Actions (login required)

View Item View Item