Pengaruh Current Ratio Dan Retrun On Assets Terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020

Septialamsyah, Dwi (2022) Pengaruh Current Ratio Dan Retrun On Assets Terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI DWI SEPTIALAMSYAH Cover-Daftar Tabel.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI SEPTIALAMSYAH BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI SEPTIALAMSYAH BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI SEPTIALAMSYAH BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI SEPTIALAMSYAH BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI DWI SEPTIALAMSYAH BAB 5.pdf

Download (310kB)
[img] Text
SKRIPSI DWI SEPTIALAMSYAH Daftar Pustaka - Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagaimana telah diketahui di Bursa Efek Indonesia banyak sekali perusahaan yang berbondong-bondong membawa investor ke perusahaanya. Dengan demikian perusahaan itu harus mengungkapkan laporan keuangannya. Hal itu dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan berupa laporan posisi keuangan, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Namun dengan demikian pengungkapan dapa dilihat dari tingkat current ratio, debt to equity ratio, return on asset , dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Curret Ratio dan Return On Asset Terhadap Pengungkapan Laporan Keungan Pada Perusahaan Makanan dan Minuman Yang terdaftar di Bursa Efek Indonesi Tahun 2018-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Laporan Keuangan Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Current Ratio berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan karena thitung < ttabel, dengan tingkat signifikan yaitu 0,663 > 0,05. Dan Return On Asset berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan, karena thitung > t tabel dengan tingkat signifikannya yaitu 0,001 < 0,05. Secara simultan Current Ratio dan Return On Asset berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan, karena nilai fhitung > ftabel dengan nilai signifikan yaitu 0,001 < 0,05. Sedangkan hasil dari Koefisien Determinan pengaruh Current Ratio dan Return On Asset menunjukan pengaruh sebesar 35,4% terhadap Pengungkapan Laporan Keuangan. Hal ini menunjukan bahwa sebesar 35,4% pengaruh Current Ratio dan Return On Asset Terhadap Pengungkapan Laporan keuangan, sedangkan sisanya 64,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio, Return On Asset, Pengungkapan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Apr 2023 05:15
Last Modified: 14 Apr 2023 05:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18820

Actions (login required)

View Item View Item