Hukum Penjualan Obat Cytotec Secara Bebas Menurut Perspektif Saddu Dzari’ah dan Kesehatan (Studi Kasus Market Place Shopee)

Aini, Zahratul and Zahara, Fatimah (2022) Hukum Penjualan Obat Cytotec Secara Bebas Menurut Perspektif Saddu Dzari’ah dan Kesehatan (Studi Kasus Market Place Shopee). Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial Islam. ISSN p: 2339-2800 e:2581-2556

Full text not available from this repository.

Abstract

Dengan adanya kemajuan zaman dan teknologi, jual beli bisa dilakukan melalui online. Karena dalam transaksi online masyarakat dengan mudah mengakses dan membeli produk yang di inginkan, banyak penjual yang menjual produk secara bebas dan di salah fungsikan. Seperti obat cytotec, yang seharusnya digunakan untuk obat lambung tetapi dijual dan dipergunakan untuk obat aborsi. Obat cytotec merupakan obat keras yang tidak boleh di perjual belikan secara bebas. Kasus ini masuk ke dalam penjualan yang menimbulkan mudharat dan mafsadat bagi masyarakat serta penyalahgunaan terhadap kesehatan. Dalam teori saddu dzaria’ah mengenai penjualan obat cytotec secara bebas sebagai obat aborsi merupakan perantara kepada hal yang menimbulkan mudharat dan mafsadat. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaranmengenai mudharat dan mafsadat yang di timbulkan dalam penjualan obat cytotec secara bebasbaik dari sisi pelanggaran terhadap hukum agama maupun dari segi merusak kesehatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian normatif-empiris dengan mengumpulkan data melalui studi pustaka dan wawancara.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:56
Last Modified: 14 Apr 2023 03:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18810

Actions (login required)

View Item View Item