Dampak Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Terhadap Ekonomi Keluarga Miskin Studi Kasus di Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal

Aliruddin, Aliruddin (2022) Dampak Implementasi Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Terhadap Ekonomi Keluarga Miskin Studi Kasus di Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
BAB COVER.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (702kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB DAPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan salah satu kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah upaya pemerintah guna membantu mengurangi beban pengeluaran penduduk miskin, melalui program tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat melalui subsidi bahan pangan yang diberikan pemerintah kepada penduduk miskin dan juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi penerima bantuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) terhadap ekonomi keluarga miskin di Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan merupakan data primer dan data sekunder yang diambil dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana dampak program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) terhadap ekonomi keluarga miskin di Kelurahan Longat Kecamatan Panyabungan Barat Kabupaten Mandailing Natal?. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya program Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di kelurahan Longat cukup berdampak baik bagi perekonomian Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diketahui dari berkurangnya beban pengeluaran masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga. dan dengan adanya program BPNT yang dilaksanakan di Kelurahan Longat juga berdampak baik bagi pemilik e-warung yang diketahui dari naiknya omset penjualan karena semakin ramainya konsumen. Akan tetapi dalam pelaksanaan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kelurahan Longat belum cukup maksimal yang dikarenakan masih terdapat beberapa indikator yang belum terpenuhi seperti dalam hal ketepatan sasaran penerima bantuan dan ketepatan akan waktu penyaluran bantuan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Program BPNT, Ekonomi Keluarga
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:28
Last Modified: 14 Apr 2023 03:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18807

Actions (login required)

View Item View Item