Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan uang elektronik (Studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Manurung, Farhan Edma (2023) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan uang elektronik (Studi kasus mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER WATERMARK FARHAN.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB 1 WATERMARK FARHAN.pdf

Download (380kB)
[img] Text
BAB 2 WATERMARK FARHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB 3 WATERMARK FARHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB 4 WATERMARK FARHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] Text
BAB 5 WATERMARK FARHAN.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WATERMARK FARHAN.pdf

Download (491kB)

Abstract

Uang elektronik adalah alat pembayaran yang berbentuk elektronik di mana nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu, biasanya transaksinya membutuhkan jaringan internet karena pemakaiannya menggunakan perangkat seperti telepon pintar atau komputer. Untuk mendapatkan uang elektronik ini, penggunanya harus menyetorkan atau membayar dengan menggunakan uang fisik atau uang tunai kepada perusahaan penerbit uang elektronik untuk kemudian disimpan dalam media elektronik sebelum menggunakannya untuk keperluan transaksi. Uang elektronik pertama kali dirilis di Indonesia pada tahun 2009 atau sekitar 10 tahun lalu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kepercayaan, persepsi keamanan, persepsi kemanfaatan, dan persepsi kemudahan terhadap niat penggunaan uang elektronik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif. Data yang digunakan diperoleh dari menyebarkan kuisioner penelitian terhadap mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara khususnya angkatan 2019. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Spss.15 untuk menguji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan persepsi kepercayaan, persepsi keamanan, persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kepercayaan, Persepsi Keamanan, Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan, Penggunaan Uang Elektronik.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:10
Last Modified: 13 Apr 2023 04:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18783

Actions (login required)

View Item View Item