Pengungkapan Transparansi Laporan Keuangan Partai Politik Sebagai Dasar Good Political Party Governance (Study Kasus Pada Partai Amanat Nasional Kabupaten Asahan)

Sapriani, Sapriani (2022) Pengungkapan Transparansi Laporan Keuangan Partai Politik Sebagai Dasar Good Political Party Governance (Study Kasus Pada Partai Amanat Nasional Kabupaten Asahan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (242kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah keuangan partai politik yang dituntut untuk melakukan pembenahan secara fundamental yaitu membangun transparansi dan pertanggungjawaban institusinya untuk kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Partai politik dituntut untuk mengembangkan nilai-nilai dari etika politik yang transparansi dan bertanggungjawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengungkapan pertanggungjawaban atas keuangan partai menuju suatu tata kelola partai politik yang baik (good political party governance). Adapun objek penelitian ini adalah Partai Amanat Nasional Kabupaten Asahan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deksriptif yang menitikberatkan pada pemahaman para informan dan pada pandangan peneliti. Data penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh dengan wawancara secara mendalam dengan informan yang dianggap berkompeten dibidangnya. Data yang digunakan adalah subjek yang berasal dari wawancara dan data dokumenter. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanggungjawaban dan transparansi keuangan Partai Amanat Nasional dapat dikatakan baik namun harus ada pembenahan . Hal ini dibuktikan dengan penggunaan dana bantuan terbilang tertutup kepada publik dan pertanggungjawaban atas bantuan yang didapat dari iuran anggota, penyumbang pihak ketiga dan infaq DPR tidak dibuat laporan keuangannya secara jelas. Sehingga belum dapat dikatakan bahwa Partai Amanat Nasional sudah menggambarkan dari good political party governance.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partai Politik, Transparansi, Laporan Keuangan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:52
Last Modified: 13 Apr 2023 03:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18781

Actions (login required)

View Item View Item