Peran Tokoh Adat Dalam Penyelesaian Konflik Akibat Pemilihan Keuchik (Study Kasus Di Desa Geulanggang Teungoh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen Tahun 2022)

Azzaura, Natasya (2022) Peran Tokoh Adat Dalam Penyelesaian Konflik Akibat Pemilihan Keuchik (Study Kasus Di Desa Geulanggang Teungoh Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen Tahun 2022). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (947kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tokoh Adat merupakan salah satu perangkat desa yang sangat penting peranannya terhadap penyelesaian masalah di lingkungan masyarakat desa yang masih kental akan kebudayaan yang memegang teguh prinsip norma-norma dan kaidah yang sudah ada sejak dulu. Jika didalam lingkungan tersebut terjadi konflik maka tokoh adatlah yang mengambil keputusan sesuai dengan hukum adat itu sendiri. Mengingat pentingnya peran tokoh adat, maka perlu diuji kualitasnya dan dituntut agar bertanggung jawab melaksanakan tugasnya sebagai orang yang bijak dan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan tokoh adat dalam menyelesaikan konflik dan untuk melihat dampak yang disebabkan oleh adanya konflik yang diakibatkan oleh perbedaan pemilihan Keuchik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan field research. Dimana dilakukan beberapa analisa data serta melakukan penelitian lapangan seperti wawancara. Penelitian difokuskan kepada Tokoh Adat sebagai objek dan mewawancarai beberapa warga sebagai informan. Sehingga hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa tokoh adat sangat penting peranannya dalam menyelesaikan konflik yang terjadi akibat kericuhan karena perbedaan pendapat dalam pemilihan Keuchik di desa Geulanggang Teungoh, Bireuen.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konflik Sosial, Tokoh Adat, Pemilihan Keuchik, Hukum Adat.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science > 324 The political process
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Pemikiran Politik Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:46
Last Modified: 13 Apr 2023 03:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18780

Actions (login required)

View Item View Item