Pemanfaatan Harta Zakat, Infaq dan Shadaqah Untuk Penanggulangan Wabah Covid 19 dan Dampaknya (Analisis FatwaMUI Nomor 23 Tahun 2020 dan Urgensinya)

Turnip, Ibnu Radwan Siddik (2021) Pemanfaatan Harta Zakat, Infaq dan Shadaqah Untuk Penanggulangan Wabah Covid 19 dan Dampaknya (Analisis FatwaMUI Nomor 23 Tahun 2020 dan Urgensinya). In: International Conference on Islam, Science and Technology UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UIN Sumatera Utara, 14-15 October 2021, Medan.

[img] Text
Konferensi Internasional ICONIST 2021 Ibnu Radwan Siddik.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada tanggal 16 April 2020, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan Fatwa Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pemanfaatan Harta Zakat, Infak, dan Shadaqah untuk Penanggulangan Wabah Covid-19 dan Dampaknya. Lahirnya fatwa ini dilatarbelakangi oleh besarnya dampak yang diakibatkan oleh wabah Covid-19 bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat dan harta zakat, infaq dan shadaqah dianggap memiliki potensi untuk dimanfaatkan dalam menanggulangi dampak wabah tersebut. Penelitian ini akan mencoba menganalisis Fatwa Majlis Ulama Nomor 23 Tahun 2020 dan mengungkapkan urgensi dilahirkannya fatwa tersebut bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif, sumber data diperoleh dari kepustakaan (library research) dan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fatwa MUI ini berdasarkan dalil-dalil al-Qur’an, Hadis, kaidah fikih dan pendapat para ulama fikih. Kemudian fatwa ini juga dihasilkan dengan menggunakan metode ijtihad kolektif, yaitu metode bayani, metode ta’lili (qiyasi) dan metode istislahi (maslahah mursalah). Hal ini disebabkan tidak adanya dalil dari nash al-Qur’an ataupun hadits Nabi Saw. yang menjelaskan langsung penyediaan alat pelindung diri, disinfektan dan pengobatan serta kebutuhan relawan yang bertugas melakukan aktifitas kemanusiaan dalam penanggulangan wabah dengan pemanfaatan zakat, infaq, dan shodaqoh. Lahirnya fatwa ini sangat urgen bagi kehidupan masyarakat muslim secara khusus dan masyarakat Indonesia secara umum. Fatwa ini dapat menjadi pendorong bagi umat Islam agar lebih peduli lagi kepada mereka yang terimbas secara ekonomi akibat wabah covid-19 melalui penyaluran harta zakat, infaq dan shadaqh. Fatwa ini merupakan sumbangsih pemikiran para Ulama Indonesia sebagai wujud dari kepedulian terhadap penanggulangan wabah covid-19 dan dampaknya di masyarakat

Jenis Item: Konferensi atau Workshop (Speech)
Uncontrolled Keywords: Zakat, Infaq, Alms, Fatwa MUI, Covid-19
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Konferensi / Workshop (Conference and/or Workshop)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Apr 2023 08:14
Last Modified: 12 Apr 2023 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18769

Actions (login required)

View Item View Item