Manajemen pendidikan pondok Pesantren di Dayah Mudi mesjid Raya Samalanga

Barrulwalidinnim, Barrulwalidinnim (2017) Manajemen pendidikan pondok Pesantren di Dayah Mudi mesjid Raya Samalanga. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Barrulwalidin.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidikan pondok pesantren tradisional di dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga Kabupaten Bireuen Aceh. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah Mudir Ma’had/ pimpinan dayah, Wadir I, II dan III, para guru yang bertugas mengajar, guru yang bertugas di bidang manajerial, para pelaksana harian, para pelaku usaha di lingkungan dayah, santri, dan para stakeholder dayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga telah menerapkan manajemen dalam pendidikannya. Hal ini dapat terlihat dari sudah adanya fungsi-fungsi manajemen yang diterapkan. Fungsi tersebut meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Adapun perencanaan dilakukan pada awal tahun hijriyah yaitu pada bulan muharram. Aspek yang direncanakan meliputi kurikulum pendidikan, penentuan jumlah guru dan kelas, program pembangunan sarana pendidikan dan asrama santri, peraturan-peraturan lembaga dan anggaran dana operasional untuk satu tahun ajaran. Pengorganisasian dilakukan dengan cara dicalonkan dalam pemilihan dan ada juga yang ditunjuk langsung pada bidang- bidang tertentu sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Pelaksanaan tugas dilakukan setelah pelantikan. Semua pengurus bekerja di posisinya masing- masing selama satu tahun ajaran yaitu tahun hijriyah. Para pengurus manajerial juga merupakan tenaga pengajar tetap pondok pesantren. Pengawasan dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan instrumen dan diawasi langsung oleh pimpinan tertinggi ke lapangan. Tujuan pengawasan adalah supaya semua pihak bisa bekerja maksimal dan dapat mencapai target sesuai seperti yang telah direncanakan. Dari penelitian ini direkomendasikan perlunya pihak dayah melakukan pelatihan manajerial dalam membentuk pengurusnya, melakukan studi banding ke lembaga pendidikan yang telah menerapkan manajemen modern dan meningkatkan pendataan kegiatan yang berlangsung di dayah supaya jadi bahan evaluasi untuk tahun berikutnya, bisa mengukur kontribusi dayah setiap tahun serta memudahkan peneliti dalam memperoleh data.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 25 Jul 2017 03:45
Last Modified: 25 Jul 2017 03:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1874

Actions (login required)

View Item View Item