Pengaruh Luas Lahan, Kelembagaan Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kesejahteraan Kelompok Petani Ternak Sapi Potong Dengan Modal Sebagai Variabel Moderasi di Desa Paya Bakung, Kabupaten Deli Serdang

Dewi, Aisyah Citra and Rahmani, Nur Ahmadi Bi (2022) Pengaruh Luas Lahan, Kelembagaan Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kesejahteraan Kelompok Petani Ternak Sapi Potong Dengan Modal Sebagai Variabel Moderasi di Desa Paya Bakung, Kabupaten Deli Serdang. Ekonomikawan : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 22 (2). ISSN 1693-7600 (Print), and 2598-0157 (Online)

[img] Text
Artikel Aisyah Citra Dewi sinta 4.pdf

Download (431kB)

Abstract

Proses mengintegrasikan komponen produksi seperti tanah, ternak, tenaga kerja, dan modal untuk menghasilkan produk ternak dikenal sebagai "usaha ternak". Selain itu, pengelolaan dan pengelolaan dalam industri peternakan terkait erat dengan sifat sosial ekonomi peternak, yang akan berdampak pada hasil yang dapat dicapai oleh peternak itu sendiri. Memanfaatkan metodologi kuantitatif, penelitian ini. Menggunakan uji Moderated Regression Analysis (MRA), Koefisien Determinasi, uji T, dan F digunakan sebagai alat analisis data. Program analitik SPSS versi 22 digunakan untuk melakukan tes. Menurut temuan penelitian, kesejahteraan secara signifikan dipengaruhi oleh pencapaian pendidikan dan ukuran kelembagaan. Peternak sapi di Desa Paya Bakung. Namun kesejahteraan kelompok peternak di Desa Paya Bakung hanya sedikit dipengaruhi oleh luas lahan. Kesejahteraan kelompok ternak di Desa Paya Bakung secara simultan dipengaruhi secara signifikan oleh luas lahan, kualitas kelembagaan, dan tingkat pendidikan. Namun, modal memperlemah pengaruh kelembagaan, tingkat pendidikan, dan luas lahan terhadap kesejahteraan kelompok petani ternak.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Luas Lahan, Kelembagaan, Tingkat Pendidikan, Kesejahteraan, dan Modal.
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:46
Last Modified: 12 Apr 2023 03:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18734

Actions (login required)

View Item View Item