Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dengan Metode HIRADC di PT. PP. London Sumatra Indonesia.ِ Tbkِ Begerpangِ POMِ Tanjungِ Morawaِ Tahunِ 2022

Billeil, Ihsan Anshari (2022) Analisis Risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja Dengan Metode HIRADC di PT. PP. London Sumatra Indonesia.ِ Tbkِ Begerpangِ POMِ Tanjungِ Morawaِ Tahunِ 2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (868kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (274kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: PT. PP. London Sumatra Indonesia Tbk Begerpang POM merupakan perusahaan agroindustri yang bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit dan memiliki rangkaian proses pengolahan. Dalam proses produksi kegiatan pengolahan kelapa sawit yang dilakukan oleh perusahaan tentunya memiliki beberapa macam potensi bahaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) karena melibatkan beberapa macam peralatan, alat-alat listrik, alat-alat berat, kendaraan, mesin, dan banyaknya interaksi antara pekerja dengan peralatan yang digunakan dalam prosesnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi potensi bahaya, melakukan penilaian risiko sumber bahaya, dan untuk menentukan upaya pengendalian risiko terhadap sumber bahaya di tempat kerja bagian pengolahan pabrik kelapa sawit. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang bersifat deskriptif analitik dengan menggunakan metode HIRADC (Hazard Identification, Risk Assesment, and Determining Control) yang diaplikasikan pada setiap stasiun bagian pengolahan kelapa sawit. Hasil penelitian yang diperoleh dari setiap stasiun pengolahan kelapa sawit menunjukkan adanya tingkat risiko yang tinggi, diantaranya, terjatuh, terpleset, gangguan pernapasan, tersetrum listrik, kebakaran, cidera dan luka, cacat, hingga pada risiko tertinggi yaitu kematian. Penilaian risiko yang dilakukan pada setiap stasiun pengolahan memiliki risiko terendah yaitu pada level H (High Risk) dan risiko yang tertinggi yaitu pada level E (Extreme Risk).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi Bahaya, Penilaian Risiko, Potensi Bahaya, HIRADC, Level Risiko K3
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:38
Last Modified: 12 Apr 2023 03:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18733

Actions (login required)

View Item View Item