Pengaruh Pemahaman Investasi dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal Syariah Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam FEBI UIN Sumatera Utara)

Suhada, Deksa Imam (2022) Pengaruh Pemahaman Investasi dan Pelatihan Pasar Modal Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal Syariah Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam FEBI UIN Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (977kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V dan Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pasar modal merupakan salah satu indikator dalam meningkatkan perekonomian suatu negara. Dengan perkembangan pasar modal yang begitu cepat serta dapat dijadikan alternatif untuk berinvestasi bagi mahasiswa program studi Ekonomi Islam UIN Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman investasi dan pelatihan pasar modal terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah serta mengetahui pengaruh pemahaman investasi dan pelatihan pasar modal terhadap minat investasi mahasiswa dipasar modal syariah melalui motivasi. Populasi dalam penelitian ini sebesar 806 dengan sampel berjumlah 230 mahasiswa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling yang dihitung menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner denganalat pengumpulan data menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan analisis jalur menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel eksogen pemahaman investasi, pelatihan pasar modal dan motivasi berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa secara gabungan dengan nilai koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 51,7% pada sub struktur I. Variabel eksogen pemahaman investasi dan pelatihan pasar modal berpengaruh terhadap motivasi secara gabungan dengan nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 47,0% pada sub struktur II. Dengan ini menyatakan bahwa pemahaman investasi berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa, pelatihan pasar modal berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa, pemahaman investasi berpengaruh signifikan terhadap motivasi mahasiswa, pelatihan pasar modal berpengaruh signifikan terhadap motivasi mahasiswa, motivasi berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa, pemahaman investasi berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa melalui motivasi sebagai variabel intervening, dan pelatihan pasar modal berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa melalui motivasi sebagai variabel intervening.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Minat Investasi
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:06
Last Modified: 12 Apr 2023 03:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18728

Actions (login required)

View Item View Item