Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan No. 36 Tahun 2011 Tentang Perpotongan Dan/Atau Persinggungan Jalur Kereta Api Dengan Bangunan Lain Perspektif Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus Kecamatan Medan Barat)

Siregar, Balyan Ibnu Mulkan (2022) Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan No. 36 Tahun 2011 Tentang Perpotongan Dan/Atau Persinggungan Jalur Kereta Api Dengan Bangunan Lain Perspektif Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus Kecamatan Medan Barat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER BALYAN ibnu.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I BALYAN.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB II BALYAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III BALYAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
BAB IV BALYAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (764kB)
[img] Text
BAB V BALYAN.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA BALYAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di lokasi penelitian masih ada terdapat yang mendirikan bangunan rumah di sepajang pinggiran rel kereta api di kecamatan Medan barat. Namun masyarakat kecamatan Medan barat belum menjalankan atau menerapkan peraturan pemerintah sebagaimana mestinya. Hal ini menghantarkan kepada pemikiran perlu adanya penelitian, sehingga dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas tentang bagaimana implementasi peraturan Menteri perhubungan no. 36 tahun 2011 tentang perpotongan dan/atau persinggungan jalur kereta api dengan bangunan lain di kecamatan Medan barat, upaya pemerintah dan bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap peraturan Menteri perhubungan no. 36 tahun 2011 tentang perpotongan dan/atau persinggungan jalur kereta api dengan bangunan lain. dalam penelitian skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian yuridis empiris yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku dan dikaitkan dengan apa yang terjadi pada masyarakat. Kemudian terjun langsung kelapangan melihat bagaimana penerapan peraturan tersebut, supaya lebih terperinci sehingga dapat dianalisis dan menginterpretasikan melalui data yang terkumpul, menggunakan sumber data yaitu primer, sekunder dan tersier. Data primer didapatkan dari wawancara langsung kepada manager hukum divre 1 Sumatera Utara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan masyarakat setempat. Data sekunder didapatkan dari berbagai literatur seperti buku, jurnal, yang berhubungan dengan penelitian. Data tersier didapatkan dari internet, kamus-kamus, media cetak dan sebagainya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Peraturan Menteri perhubungan No. 36 Tahun 2011 Tentang Perpotongan Dan/Atau Persinggungan Jalur Kereta Api Dengan Bangunan Lain Studi Kasus Kecamatan Medan Barat belum terlaksana, berdasarkan yang penulis amati bahwa masih terdapat di pinggiran rel kereta api di kecamatan Medan barat dikarenakan faktor ekonomi masyarakat setempat masih di bawah rata rata. Dari perspektif siyasah dusturiyah masuk kedalam konteks siyasah dusturiyah yaitu membahas masalah perundang-undangan Negara. seharusnya suatu lembaga pemerintahan harus tunduk kepada aturan yang telah dibuat serta di dalam Islam pun kita disarankan untuk sebab mendirikan bangunan secara ilegal ataupun pemukiman kumuh tidak diperbolehkan dalam Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kereta Api, Sempadan rel keretra Api, Peraturan Menteri perhubungan no 36 tahun 2011, Fiqh Siyasah.
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Apr 2023 14:28
Last Modified: 11 Apr 2023 14:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18707

Actions (login required)

View Item View Item