Implementasi Pembelajaran Tematik di MIN 3 Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2021/2022

Barus, Ning Putri Nurida Hayani (2022) Implementasi Pembelajaran Tematik di MIN 3 Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiimplementasi pembelajaran tematik dan faktor pendukung serta penghambat pelaksanaan pembelajaran tematik di MIN 3 Serdang Bedagai sehingga mampu meningkatkan pembelajaran tematik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memaparkan secara apa adanya yang bersifat deskriptif, dengan 2 subjek penelitian yaitu kepala madrasah, dan guru wali kelas. Dalam teknik analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman yang terdiri atas, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Serta menggunakan teknik keabsahan data yang meliputi credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran tematik di MIN 3 Serdang Bedagai sudah berjalan dengan baik, karena seluruh guru sudah menggunaan RPP tematik, namun pada tahap pelaksanaan pembelajaran dikelas sebagian guru belum menggunakan model pembelajaran tematik. Faktor pendukung dalam implementasi pembelajaran tematik adalah sarana dan prasarana yang sudah berfariasi di madrasah, sebagian guru mampu menguasi siswa/siswi di dalam kelas, guru menggunakan media yang sesuai dengan pembahasan pembelajaran, dan guru mampu membuat suasana belajar menjadi aktif dan semangat. Faktor penghambat pembuatan RPP yang memakan waktu yang lebih lama, alokasi waktu pembelajaran yang tidak selalu mencukupi untuk menyelesaikan satu pembelajaran, dan kurangnya sarana dan sumber pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tematik, RPP
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Apr 2023 13:53
Last Modified: 11 Apr 2023 13:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18702

Actions (login required)

View Item View Item