Analisis Peranan Perangkat Desa Dalam Pengelolaan Dana Di Desa Balakka Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara

Rikoanan, Rikoanan (2022) Analisis Peranan Perangkat Desa Dalam Pengelolaan Dana Di Desa Balakka Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (735kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (952kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang Analisis Peranan Perangkat Desa Dalam Pengelolaan Dana Di Desa Balakka Kecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Latar belakang masalah dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi sementara yaitu perangkat desa belum menjalankan perannya dengan baik dikarenakan pada rencana pengelolaan dana desa yang hanya cenderung pada program yang dirancang oleh perangkat desa, sehingga masyarakat hanya menerima hasil keputusan saja. Perangkat desa tidak memberikan waktu untuk masyarakat menanggapi, menyetujui, dan menolak pendapat atau rencana dari perangkat desa, kemudian kurangnya pengetahuan dan wawasan perangkat desa mengenai pengelolaan dana desa membuat mereka mengalihkan peran, tugas dan tanggungjawabnya pada orang lain. Tujuan penelitian ini yaitu untukmengetahui Peranan Perangkat Desa Dalam Pengelolaan Dana Di Desa BalakkaKecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif atau penelitian dengan menggambarkan dan menganalisis kejadian, fenomena, atau aktivitas sosial. Subjeknya adalah seluruh perangkat desa di Desa BalakkaKecamatan Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peranan perangkat desa dalam pengelolaan dana desa belum sepenuhnya berjalan optimal dikarenakan para perangkat desa belum mengetahui perannya dalam mengelola dana desa dimulai dari tahap perencanaan hingga akhir, kemudian kurangnya ilmu pengetahuan juga menghalangi pengelolaan dana desa berjalan dengan baik, serta pelaporan dana desa yang belum optimal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Peranan Peranan Desa, Pengelolaan Dana Desa.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Apr 2023 05:27
Last Modified: 11 Apr 2023 05:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18668

Actions (login required)

View Item View Item