Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Bimbingan Pra-Nikah Sebagai Syarat Administrasi Dalam Upaya Membentuk Keluarga Sakinah Pada Mualaf (Studi Di Kua Simpang Empat Kabupaten Karo)

Anasruddin, Anasruddin (2022) Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Bimbingan Pra-Nikah Sebagai Syarat Administrasi Dalam Upaya Membentuk Keluarga Sakinah Pada Mualaf (Studi Di Kua Simpang Empat Kabupaten Karo). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Ripostori caver -1.pdf

Download (500kB)
[img] Text
Repository Bab 1-1.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Repository Bab 2 -1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
Rep B 3 -1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
Rep B 4-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
Repository Bab 5 -1.pdf

Download (55kB)
[img] Text
Repository Daftar pustaka-1.pdf

Download (460kB)

Abstract

Kabupaten Karo atau Tanah Karo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Sumatera Utara yang ditempati beragam agama dan kepercayaan, Islam menjadi agama kepercayaan sebagaian penduduknya. Dari sekian ragam umat beragama yang beragama tentu tidak terlepas dari berbagai masalah yang terjadi seperti masuk ke luarnya atau pindah dari satu agama ke agama di luar Islam begitu pula penganut agama lain terketuk hatinya untuk memepelajari dan masuk kemudian memegang teguh agama Islam atau disebut juga mualaf. Belakangan tidak hanya sebatas itu saja, bagi mualaf yang hendak menikah dihadapkan kepada bimbingan pernikahan sebelum ijab kabul sebagai syarat yang harus dipenuhi sehingga mereka sedikit kesulitan dan tidak sedikit dari mereka yang mengenyampingkan bimbingan pranikah saat masuk ke dalam ajaran Islam. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif (penelitian pendekatan analisis) dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan yuridis empiris, adapun sumber data penelitian ini adalah sumber data primer dan skunder. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Melihat fenomena tersebut di atas, timbul rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pelaksanaan bimbingan pranikah sebagai syarat administrasi dalam upaya membentuk keluarga sakinah mualaf?, 2. Bagaimana respon mualaf dalam bimbingan pranikah?, 3. Bagaimana hukum melaksanakan bimbingan pranikah dalam perspektif maslahah mursalah?. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan: 1. Pelaksanaan bimbingan pranikah kepada mualaf yang dilakukan di KUA Kecamatan Simpang Empat sudah berjalan dengan baik. 2. Respon mualaf terhadap dari program ini adalah adanya kesadaran dari pasangan, akan hak dan tanggung jawab sebagai seorang suami dan istri. sehingga dalam kehidupan berumah tangga terbentuk sikap saling pengertian, serta saling menghargai. karena dari kebanyakan kasus yang terjadi sekarang ini, salah satunya disebabkan oleh faktor kurangnya rasa pengertian antara suami istri dan komunikasi yang kurang lancar atau tidak adanya keterbukaaan antara pasangan suami istri. Kesadaran yang dimiliki oleh pasangan suami istri dalam memahami hak dan tanggung jawabnya menjadi tolak ukur keberhasilan program ini. 3. Hukum melaksakan bimbingan pranikah bagi mualaf menuruf perspektif maslahah mursalah adalah sunah muakadah melalui teori maslahah mursalah yaitu maslahah tahsiniyah yang kebutuhan hidup manusia kepadanya tidak sampai tingkat daruri, kebutuhan tersebut perlu dipenuhi dalam rangka memberi kesempurnaan dan keindahan bagi hidup manusia, bimbingan pranikah yang dijadikan syarat administrasi, karena dari bimbingan tersebut mereka banyak mendapatkan pengetahuan yang sebelumnya mereka tidak ketahui dengan bimbingan tersebut mereka berusaha semaksimal untuk meningkatkan kualitas pernikahan, mewujudkan keluarga bahagia dan sejahtera serta langgeng menurut tuntunan Islam

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Maslahah Mursalah, Bimbingan Pra-Nikah Mualaf, Simpang Empat
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2X4.302 Bimbingan perkawinan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ahwal Syakhshiyyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:42
Last Modified: 11 Apr 2023 04:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18660

Actions (login required)

View Item View Item