Penerapan Text Mining Pada Sistem Penyeleksian Judul Skripsi Mahasiswa Menggunakan Algoritma Latent Dirichlet Allocation Di Program Studi Ilmu Komputer UIN Sumatera Utara Medan

Kurniawan, Rakhmat and Zufria, Ilka and Putra, Rizky Pratama (2022) Penerapan Text Mining Pada Sistem Penyeleksian Judul Skripsi Mahasiswa Menggunakan Algoritma Latent Dirichlet Allocation Di Program Studi Ilmu Komputer UIN Sumatera Utara Medan. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
[BOPTN-2022] - LAPORAN AKHIR.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam proses pengajuan judul proposal skripsi, banyak mahasiswa yang judulnya ditolak dikarenakan adanya kesamaan judul atau tema penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Proses ini dilakukan secara manual dimana judul skripsi direkapitulasi dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel, sehingga membuka peluang kekeliruan dalam pemeriksaan yang disebabkan oleh tim penyeleksi memeriksa judul secara manual baris per baris. Selanjutnya dirasa perlu melakukan penelitian untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan harapan memudahkan pengelola program studi dalam menentukan judul skripsi yang potensial dan berkualitas pada mahasiswa. Selanjutnya mempercepat proses penentuan judul skripsi mahasiswa dan tentunya juga akan mempercepat proses penyelesaian studi mahasiswa strata 1. Maka dirancanglah sebuah sistem yang mampu merekomendasi kelayakan judul skripsi yang diajukan melalui teknologi text mining menggunakan algoritma LDA. Algoritma LDA mampu untuk mendeteksi topik yang ada pada suatu koleksi dokumen beserta besarnya kemunculan topik tersebut.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Apr 2023 04:58
Last Modified: 11 Apr 2023 04:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18659

Actions (login required)

View Item View Item