Hakikat Dan Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Arlina, Arlina and Rambe, Jeni Anwar and Zailani, Muhammad and Hasibuan, Rani Wardani and Salsabilah, Nadya and Ardianti, Rizka (2023) Hakikat Dan Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 4 (3). pp. 30-39. ISSN 2963-4326

[img] Text
2. Hakikat Dan Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode sangat penting dalam memudahkan suatu pekerjaan karena Metode adalah cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Metode Pembelajaran Agama Islam sendiri tentunya tidak boleh lepas dengan tujuan utama pendidikan agama di Indonesia yang tercantum dalam pasal 39 ayat 2 UU No. 20 Tahun 2003, “pendidikan merupakan usaha untuk memperkuat iman dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama yang dianut oleh peserta didik yang bersangkutan dengan mempertimbangkan tuntutan untuk menghormati agama lain dalam hubungan kerukunan antar umat beragama dalam masyarakat untuk mewujudkan persatuan nasionalMetodologi pembelajaran PAI ini tidak akan ada artinya kalau tidak dilaksanakan dalam praktek pendidikan. Pelaksanaan metodologi pembelajaran PAI itu dalam pembelajaran diantaranya pemilihan metode mangajar yang efektif dan efisian. Dalam al-Qur’an banyak metode yang bisa diterapkan untuk menyampaikan kalam-kalam Allah kepada manusia, seperti metode cerita, diskusi, tanya jawab (dialog), metode perumpamaan (metafora), metode hukuman dan ganjaran

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Hakikat, Metode, Pembelajaran, Pendidikan Agama, dan Islam
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:12
Last Modified: 17 Jul 2023 03:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18612

Actions (login required)

View Item View Item