Partisipasi Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Sampah Pada Induk Bank Sicanang Kota Belawan

Hutabarat, Ryzka Aini (2022) Partisipasi Ibu Rumah Tangga Dalam Pengelolaan Sampah Pada Induk Bank Sicanang Kota Belawan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DAN LAINNYA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB III RIZKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAINNYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan sampah sudah menjadi salah satu permasalahan yang harus dihadapi masyarakat dipemukiman terkhusus dengan ibu rumah tangga sehingga membutuhkan partisipasi. Partisipasi ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah melalui Bank Sampah dapat menyelesaikan masalah sampah yang semakin meningkat terkhusus di Kelurahan Sicanang salah satu tempat yang memiliki Bank Sampah. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggambarkan partisipasi ibu rumah tangga dalam pengelolaan sampah pada Induk Bank Sampah di Kelurahan Sicanang. Informan penelitian ini berjumlah 8 orang terdiridari Direktur Bank Sampah, dua karyawan Bank Sampah dan Lima Orang Ibu Rumah Tangga. Hasil penelitian menunjukkan masyarakat sangat berperan aktif dalam mendaur ulang sampah, bergotong-royong dan berpartisipasi dalam pembuatan pupuk serta menjadikan Bank Sampah sebagai income pemasukan ekonomi bagi pemerintah setempat dan masyarakat yang berada di Bank Sampah di Kelurahan Sicanang Belawan. Kendala yang dihadapi dalam mendaur ulang terdapat berupa kendala seperti kurangnya SDM yang ikut bergerak untuk berpartisiapasi dan kurangnya komitmen penuh masyarakat untuk ikut serta bergabung dengan Bank Sampah untuk kegiatan daur ulang, serta terkendala dengan biaya operasional yang terkadang tidak mencukupi. Diharapkan petugas kesehatan dan kebersihan Sicanang Belawan memberikan masukan serta penyuluhan dalam pengelolaan sampah serta sebagai bahan dalam pengawasan lingkungan pemukiman dan perencanaan sistem pengelolaan sampah setempat yang lebih baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bank Sampah, Partisipasi Ibu Rumah Tangga, Pemberdayaan Masyarakat, Pengelolaan Sampah Rumah Tangga
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:30
Last Modified: 10 Apr 2023 03:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18565

Actions (login required)

View Item View Item