Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Tabungan iB SimPel Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Medan

Jamila, Khaidar Rahmaini (2023) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Tabungan iB SimPel Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Medan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UINSU.

[img] Text
laporan penelitian khaidar.pdf

Download (1MB)

Abstract

Lahirnya tabungan khusus anak dari beberapa bank syariah, memicu persaingan yang sangat ketat antara bank syariah, produk tabungan anak menjadi investasi jangka panjang bagi perbankan syariah. Dengan model tabungan ini, anak mengenal bank syariah sejak dini dan diharapkan terus menggunakan jasa perbankan syariah ketika dewasa. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu suatu pendekatan dengan mengolah data-data yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan kepada 65 responden dengan menggunakan skala likert. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih tabungan iB Simpel pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Medan dan melihat variabel mana yang dominan terhadap keputusan nasabah menabung. Penelitian ini dilaksanakan pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Medan. Pembahasan hasil penelitian menggunakan metode analisis regresi berganda, dengan data diolah menggunakan perhitungan statistik SPSS 16,0. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi berganda dengan uji F, uji R2 dan uji T. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: pada tabel model summary menunjukkan nilai R Square sebesar 0,835 atau 83,5%, artinya bahwa variabel terikat pada keputusan nasabah memilih tabungan iB Simpel (Y) dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya mampu dijelaskan oleh variabel kualitas produk, promosi dan pelayanan (X1, X2 dan X3), sedangkan sisanya 16,5% keputusan nasabah dijelaskan oleh sebab-sebab lain diluar penelitian. Hasil analisis uji F yang diperoleh dari tabel ANOVA menunjukkan bahwa Fhitung>Ftabel dengan nilai 102,690>2,76 yang berarti variabel X (kualitas produk, promosi dan pelayanan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih tabungan iB Simpel. Melalui analisis uji T yang diperoleh dari tabel coefficient, masing-masing variabel X memiliki nilai thitung>ttabel, yakni adanya pengaruh yang signifikan dari kualitas produk, promosi dan pelayanan terhadap keputusan nasabah. Dimana variabel yang paling dominan adalah variabel kualitas produk (X1) memiliki thitung yang paling tinggi yaitu sebesar 11,264 > 1,670.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:15
Last Modified: 26 Jun 2023 07:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18559

Actions (login required)

View Item View Item