Analisis Mutu Pelayanan Pesien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Puskesmas Kedai Sianam Kabupaten Batu-Bara

Tamara, Trisofi (2022) Analisis Mutu Pelayanan Pesien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Di Puskesmas Kedai Sianam Kabupaten Batu-Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (358kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu pelayanan yang disediakan oleh pemerintah baik secara langsung maupun melalui kerja sama dengan pihak masyarakat atau swasta. Mutu pelayanan kesehatan sangat penting untuk mengukur seberapa jauh Puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada pasien dengan melihat angka kunjungan pasien BPJS di puskesmas baru mencapai 24,12% pada tahun 2020. Puskesmas kedai sianam merupakan salah satu puskesmas yang berada di Kabupaten Batu Bara dengan kunjungan pasien nya 6,37% pada tahun 2021. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis mutu pelayanan kesehatan pasien peserta jkn di puskesmas kedai sianam. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan informan 6 orang, data diperoleh dari informan dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisi. Hasil penelitian menunjukkan dimensi reabilitas masih adanya petugas yang tidak tepat waktu, dimensi daya tanggap kurang menerapkan salam dan petugas tidak selalu standby, lalu dimensi jaminan petugas belum sepenuhnya mentaati aturan, dimensi empati masih adanya salah persepsi dengan petugas dan dimensi bukti fisik sarana prasarana yang belum memadai. Dari lima indikator mutu pelayanan semuanya perlu di tingkatkan lagi dan ditinjau ulang kembali agar kepuasan pasien meningkat dan membuat pasien menjadi loyal terhadap jasa pelayanan yang diberikan oleh puskesmas kedai sianam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, BPJS, Puskesmas
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:49
Last Modified: 06 Apr 2023 07:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18549

Actions (login required)

View Item View Item