Metode Bimbingan Agama Terhadap Pasangan Beda Agama Dalam Membina Rumah Tangga Islami di Kantor Urusan Agama Kecamatan Portibi

Siregar, Nondang Mey Rina Sari (2023) Metode Bimbingan Agama Terhadap Pasangan Beda Agama Dalam Membina Rumah Tangga Islami di Kantor Urusan Agama Kecamatan Portibi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (680kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (193kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (818kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bimbingan agama terhadap pasangan beda agama di KUA Kecamatan Portibi dan materi bimbingan agama yang diberikan KUA terhadap pasangan beda agama di kecamatan portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan penelian ini adalah: (1) metode bimbingan agama yang ada di KUA Kecamatan Portibi adalah Religius Guidance yaitu bimbingan agama dalam rangka membantu pemecahan masalah seseorang dalam kaitannya dengan masalah- masalah keagamaan, melalui keimanan menurut agamanya. Bimbingan agama atau bimbinganislami merupakan pemberian bantuan terhadap individu agar mampu hidup selaras sesuai dengan ketentuan dan petunjuk Allah Swt sehingga dapat mencapai kebahagiaan hidup selaras sesuia dengan ketentuan hidup di dunia dan akhirat. (2) materinya adalah dengan menciptakan keluarga yang bermoral, saling menghargai dan juga kebahagiaan serta keharmonisanantara suami istri, membentuk rumah tangga islami harus diperlukan kesetaraan, musyawarah, dan kesadaran akan kebutuhan pasangan suami istri dalam suatu rumah tangga. (3) rumah tangga islami adalah rumah tangga yang di dalamnya terdapat yang di tegakkannya unsur-unsur ke islaman seperti seorang suami yang sholeh dan istri yang sholehah serta anak-anak yang di didik oleh orang tuanya dalam unsur ke islaman yang baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Apr 2023 05:02
Last Modified: 06 Apr 2023 05:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18535

Actions (login required)

View Item View Item