Analisis Keberadaan Kandang Ternak Ayam, Tingkat Kepadatan Lalat dan Resiko Kejadian Diare Di Kecamatan Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara

Maha, Roma Uli Alwiyah (2022) Analisis Keberadaan Kandang Ternak Ayam, Tingkat Kepadatan Lalat dan Resiko Kejadian Diare Di Kecamatan Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DAN LAINNYA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (372kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAINNYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tumbuh pesatnya peternakan membuat makin banyak lalat. Lalat ini dapat mengakibatkan manusia mengalami diare. Penelitian ini untuk mengetahui kondisi sanitasi kandang dipeternakan kandang yang meliputi syarat fisik kandang, lokasi bangunan kandang, ventilasi kandang, penyinaran, penanganan kotoran ternak, dan memgetahui tingkat kepadatan lalat di Kecamatan Purbatua Kabupaten Tapanuli Utara. Metode yang dipakai adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain studi kasus-kontrol. Analisis data penelitian dengan menggunakan Crosstabulation (Tabulasi Silang). Populasi penelitian kelompok kasus yaitu 5 rumah yang memiliki kandang dan rumah yang sekitaran kandang berjumlah 18 rumah dengan jarak kurang dari 450m, dan kelompok kontrol yaitu 23 rumah diluar lokasi kandang ternak dengan jarak rumah lebih dari 450m. Teknik pengambilan sampel dengan metode Total Sampling. Hasil penelitian menunjukkan Pada kondisi fisik kandang ayam persentase kepadatan lalat tertinggi berada pada kondisi fisik kandang ayam pada kategori buruk 3 (60,0%). Pada ventilasi kandang ayam persentase kepadatan lalat tertinggi berada pada ventilasi kandang ayam pada kategori buruk 3 (60,0%) Pada penyinaran kandang ayam persentase kepadatan lalat tertinggi berada pada ventilasi kandang ayam pada kategori buruk 3 (60,0%). Pada lantai kandang ayam persentase kepadatan lalat tertinggi berada pada lantai kandang ayam pada kategori kotor 2 (40,0%). Pada penanganan kotoran ternak persentase kepadatan lalat tertinggi berada pada penanganan kotoran ternak pada kategori ditimbun diatas permukaan tanah 4 (80,0%). Pada jarak rumah dengan kandang persentase kepadatan lalat tertinggi berada pada jarak rumah dengan kandang pada kategori jarak <10 m dari rumah 4 (80,0%). Pada ventilasi rumah persentase kepadatan lalat tertinggi berada pada rumah yang tidak dipasang kawat kasa.Pada langit-langit rumah persentase kepadatan lalat tertinggi berada pada rumah yang memiliki langit-langit. Pada dinding rumah persentase kepadatan lalat tertinggi berada pada rumah yang dinding rumah kayu. Diharapkan peternak menjaga sanitasi kandang dengan baik, agar tidak menjadi tempat induk lalat yang mengakibatkan berbagai penyakit misalnya diare.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sanitasi kandang, Kepadatan lalat, Resiko Diare
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:50
Last Modified: 06 Apr 2023 04:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18533

Actions (login required)

View Item View Item