Analisis Pencegahan Praktik Pencucian Uang (Money Laundering) Melalui Penerapan Know Your Customer Principle Pada Bank Sumut Syariah

Muthi’ah, Rini (2022) Analisis Pencegahan Praktik Pencucian Uang (Money Laundering) Melalui Penerapan Know Your Customer Principle Pada Bank Sumut Syariah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV TEMUAN PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (650kB)

Abstract

Kejahatan pencucian uang sering kali terjadi pada lembaga keuangan yang biasanya digunakan pelaku sebagai media untuk melancarkan aksinya. Pencucian uang sendiri yaitu kegiatan menyamarkan asal usul harta kekayaan yang diperoleh agar seolah-olah menjadi harta kekayaan yang sah. Sebagai langkah pencegahan terjadinya pencucian uang pada lembaga keuangan terutama dalam hal ini adalah perbankan syariah maka Bank Indonesia mengeluarkan aturan Peraturan Bank Indonesia Nomor 3-10-PBI-2001 Pasal 1 Angka 2 yang kemudian disempurnakan pada PBI No.5/21/PBI/2003 mengenai Penerapan Know Your Customer Principle (Prinsip Mengenal Nasabah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Know Your Customer Principle dalam upaya pencegahan praktik pencucian uang (money laundering) pada Bank Sumut Syariah serta bagaimana pengawasan terhadap penerapan Know Your Customer Principle yang dilakukan oleh Dewan Pengawas Syariah di Bank Sumut Syariah dan juga bagaimana kendala dalam penerapan Know Your Customer Principle dalam upaya pencegahan praktik pencucian uang (money laundering) pada Bank Sumut Syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Know Your Customer Principle pada Bank Sumut Syariah mencakup pada Kebijakan Pengorganisasian, Kebijakan Penerimaan dan Identifikasi Nasabah, Kebijakan Pemantauan dan Pengkinian, Kebijakan Penatausahaan Dokumen dan Pelaporan, dan Kebijakan Manajemen Risiko. Bentuk Pengawasan yang dilakukan oleh Dewan Pengawas Syariah terhadap Prinsip Mengenal Nasabah berupa pemeriksaan berkala ke cabang syariah maupun cabang pembantu syariah. Kendala yang dihadapi dalam penerapan Know Your Customer Principle berasal dari bank itu sendiri dan dari nasabah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pencucian Uang (Money Laundering), Know Your Customer Principle (Prinsip Mengenal Nasabah)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:06
Last Modified: 06 Apr 2023 04:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18521

Actions (login required)

View Item View Item