Hendra, Yan (2017) Pengaruh komunikasi keluarga, guru pendidikan agama Islam dan teman sebaya terhadap etika komunikasi Islam siswa SMP di kota Medan. Doctoral thesis, Program Pasca Sarjana UIN-SU.
|
Text
DISERTASI FULL YAN HENDRA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya etika komunikasi Islam bagi anak sebagai dasar etika komunikasi dalam kehidupan sehari - hari. Etika komunikasi Islam anak/siswa terbentuk melalui proses belajar yang dialaminya dalam keluarga, di sekolah dan dalam pergaulan teman sebaya. Orang tua, guru pendidikan agam Islam dan teman sebaya menjadi faktor penting dalam proses penanaman etika komunikasi Islam dalam diri anak/siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Menganalisis pengaruh komunikasi keluarga terhadap etik a komunikasi Islam siswa. (2) Menganalisis pengaruh komunikasi guru pendidikan agama Islam terhadap etika komunikasi Islam siswa. (3) Menganalisis pengaruh komunikasi teman sebaya terhadap etika komunikasi Islam siswa. (4) menganalisis pengaruh komunikasi keluarga dengan komunikasi guru pendidikan agama Islam dan komunikasi teman sebaya terhadap etika komunikasi Islam siswa secara bersama - sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori yang bertujuan untuk me njelaskan pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi penelitian adalah siswa sekolah menengah pertama umum di kota Medan. Sampel sekolah diambil secara purposive pada enam sekolah berdasarkan letak geografis wilayah kota Medan. Penentua n jumlah sampel menggunakan rumus Taro Yamane. Dari populasi yang berjumlah 1104 siswa pada enam sekolah diperoleh sampel sebanyak 294 siswa kelas IX beragama Islam pada enam sekolah tersebut. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan angket. Analisis data menggunakan uji statistik regresi yang diolah menggunakan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi keluarga, komunikasi guru pendidikan agama Islam dan komunikasi teman sebaya secara sendiri - sendiri maupun secara b ersama - sama mempengaruhi etika komunikasi Islam siswa. Diantara ketiga faktor tersebut, komunikasi keluarga memiliki kontribusi yang lebih besar (0,398%) dari komunikasi guru pendidikan agama Islam (0,302%) dan komunikasi teman sebaya (0,218,%) dalam mempe ngaruhi etika komunikasi Islam Siswa. Pengaruh ketiga variabel bebas secara bersama - sama terhadap etika komunikasi Islam siswa adalah sebesar (50,9%), sisanya sebesar 49,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Komunikasi keluarga, komunikasi g uru pen didikan agama Islam, komunikasi teman sebaya, etika komunikasi Islam siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs. Misdar Piliang |
Date Deposited: | 21 Jul 2017 10:28 |
Last Modified: | 22 Jul 2017 02:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1851 |
Actions (login required)
View Item |