Pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan

Hasibuan, Marhan (2012) Pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Marhan Hasibuan.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Secara metodologis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mencari, menganalisis, dan membuat penelasan data yang ditemukan melalui studi dokumen, wawancara, dan pengamatan. Data yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahannya melalui standar keabsahan data berupa keterpercayaan, keteralihan, keterandalan dan konfirmatif. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan mereduksi, menyajikan, dan membuat kesimpulan hasil penelitian. Temuan penelitian ini ada lima, yaitu: 1. Perencanaan kurikulum pendidikan agama Islam, Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan telah merencanakan kurikulum dengan mengacu pada konsep kurikulum madrasah dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Kurikulum madrasah dan muatan-muatan tambahannya dirincikan kembali oleh guru yang bersangkutan dalam bentuk Program Satuan Pelajaran dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran untuk disampaikan kepada peserta didik. 2. Pengorganisasian kurkulum pendidikan agama Islam, Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan telah membuat pembagian tugas guru dan pegawai serta jadwal kegiatan-kegiatan pendukung proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan yang disesuaikan dengan hari-hari efektif belajar. Madrasah juga telah menempatkan guru-guru yang sesuai dengan latar keilmuan dan kompetensinya. 3. Pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam, Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan telah melaksanakan kegiatan pembelajaran dan muatan-muatan tambahannya dengan memberdayakan para guru, pegawai, dan sarana yang ada secara optimal yang dikemas sesuai kebutuhan dan potensi yang ada. Madrasah juga mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran dengan menampilkan contoh pengamalan nilai-nilai keislaman pada diri semua guru, pegawai, orang tua, bahkan orang lain yang ada di sekitar Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. 4. Pengawasan kurikulum pendidikan agama Islam, Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan telah memiliki beberapa orang yang bertugas mengawasi proses pembelajaran baik yang berhubungan langsung dengan siswa maupun hal lain yang berhubungan dengan kegiatan pembelajaran. Kepala madrasah, wakil kepala madrasah (WKM) dan komite madrasah melaksanakan tugas pengawasan sesuai fungsinya masing-masing ditambah dengan pemberdayaan guru-guru dan orang tua untuk menyempurnakan pengawasan terhadap seluruh bagian dari proses pembelajaran di madrasah dan di tempat tinggal masing-masing. Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan juga telah mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dengan mencari solusi-solusi yang mungkin dilakukan tanpa menambah masalah dan memperbesar resiko kegagalan. 5. Evaluasi pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam, Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan telah memiliki sarana evaluasi pembelajaran pada setiap bulan berupa Ulangan Harian dan Evaluasi Akhir Semester. Evaluasi juga dilakukan pada kegiatan pendukung kegiatan ekstra kurikuler.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:23
Last Modified: 19 Jul 2017 08:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item