Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Lhokseumawe

Hatta, Muhammad (2012) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Muhammadiyah 3 Lhokseumawe. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Muhammad Hatta.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat, untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat di masa yang akan datang. SMA Muhammadiyah merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas swasta yang berada ditengah-tengah masyarakat seiring sejalan dengan SMA-SMA negeri maupun SMA swasta lainnya. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang sesuai dengan harapan masyarakat, SMA Muhammadiyah juga melaksanakan pembelajaran pendidikan agama Islam. Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah memiliki ciri khas tersendiri bila dibandingkan dengan SMA-SMA lainnya. Terutama dalam mengajarkan akidah dan ibadah guru-guru agama di SMA Muhammadiyah langsung merujuk kepada akidah yang shahih yang bersumber dari Al-Qur’an dan Sunnah Maqbulah. Setelah dilakukan penelitian terhadap pelaksanaan pembelajaran di SMA Muhammadiyah 3 Lhokseumawe, ditemukan kesimpulan bahwa pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Muhammadiyah 3 Lhokseumaawe sudah mampu menggunakan strategi, metode, penerapan materi ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum, sementara pemanfaatan media ajar masih kurang.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:56
Last Modified: 18 Jul 2017 08:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1843

Actions (login required)

View Item View Item