Manajemen pembelajaran tahfizul quran di Madrasah Aliyah Ulumul Quran Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa

Amri, Amri (2009) Manajemen pembelajaran tahfizul quran di Madrasah Aliyah Ulumul Quran Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
tesis Amri.pdf

Download (811kB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan pendidikan, Madrasah Aliyah Ulumul Quran Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa mempunyai program khusus untuk melatih santri menghafal Alquran yang merupakan ciri khas dari pasantren tersebut. Kegiatan menghafal Alquran menuntut perhatian yang serius, kesabaran dan ketekunan baik dari pihak santri maupun dewan guru sebagai pelaksana pembelajaran Tahfizul Quran. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran Tahfizul Quran di Madrasah Aliyah Ulumul Quran Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan, mendeskripsikan, dan menganalisis hal-hal yang berkaitan dengan Manajemen Pembelajaran Tahfizul Quran yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi yang dilakukan di Madrasah Aliyah Ulumul Quran Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dapat dikemukakan beberapa analisis kesimpulan dari penelitian sebagai berikut: 1. Perencanaan Implementasi Manajemen Tahfizul Quran pada Madrasah Aliyah Ulumul Quran Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa dilakukan melalui identifikasi, tujuan, manfaat, langkah-langkah perencanaan meliputi: pengaturan sumberdaya, pengaturan sumber dana, pengembangan kurikulum dan pembinaan personil madrasah. 2. Pengorganisasian Manajemen Peningkatan Tahfizul Quran pada Madrasah Aliyah Ulumul Quran Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa dilaksanakan dengan proses perincian seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan setiap individu dalam mencapai tujuan organisasi, pembagian beban pekerjaan menjadi kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan oleh setiap individu dan pengadaan serta mengembangkan mekanisme kerja hingga ada koordinasi pekerjaan para anggota organisasi menjadi kesatuan yang terpadu dan harmonis. 3. Pelaksanaan Manajemen Tahfizul Quran pada Madrasah Aliyah Ulumul Quran Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa belum sepenuhnya mengikuti tahapan pelaksanaan pedoman umum pelaksanaan Manajemen. 4. Pengawasan Manajemen Tahfizul Quran pada Madrasah Aliyah Ulumul Quran Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa mengikuti tahapan-tahapan yang telah ditetapkan. 5. Evaluasi implementasi Manajemen Tahfizul Quran pada Madrasah Aliyah Ulumul Quran Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa dilakukan dengan mempehatikan faktor–faktor pendukung dan penghambat jalannya proses implementasi manajemen.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:24
Last Modified: 18 Jul 2017 08:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item View Item