Internalisasi Nilai Hadis dalam Adat Budaya Perkawinan Batak Angkola Tapanuli Selatan Sumatera Utara

Amin, Muhammad (2023) Internalisasi Nilai Hadis dalam Adat Budaya Perkawinan Batak Angkola Tapanuli Selatan Sumatera Utara. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_merged.pdf

Download (924kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DISERTASI.pdf

Download (210kB)

Abstract

Masyarakat Batak Angkola beragama Islam, maka segala prilaku kehidupan mereka harus bersandarkan kepada Alquran dan Hadis. Pada sisi yang lain, mereka memiliki budaya yang melekat dalam kehidupan semenjak nenek moyang. Seiring dengan masuknya Islam ke masyarakat Batak Angkola, maka nilai-nilai ajaran Islam (Alquran dan Hadis) tersebut bersentuhan dan berpadu dengan nilai-nilai budaya yang telah mengakar di kalangan masyarakat Batak Angkola. Permasalahan yang ingin dijawab adalah pelaksanaan adat perkawinan, perpaduan nilai hadis dan adat, dan dampak serta respon masyarakat terhadap internalisasi nilai-nilai hadis dalam adat perkawinan Batak Angkola. Penelitian kualitatif ini dengan metode etnografi yang mendeskripsikan gejala kebudayaan dan keagamaan (hadis) serta kaitan keduanya. Internalisasi nilai Hadis dan adat budaya perkawinan Batak Angkola yaitu: mendatangi tukang peramal, anjuran menikah pada hari Jum’at, larangan menikah satu marga, anjuran menikahi anak perempuan saudara laki ibu, melihat dan memilih calon istri, menggunakan simbol-simbol/nasihat dalam perkawinan, mahar perkawinan, mengadakan huburan musik, dan menunjukan perhiasan. Telah terjadi pergeseran nilai yang akomodatif prakmatis dalam kontek adat budaya perkawinan Batak Angkola Tapanuli Selatan akibat dari internalisasi nilai Hadis yang disampaikan oleh para Dai pada masyarakat Batak Angkola Tapanuli Selatan Sumatera Utara.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai, Hadis, Adat, Perkawinan, Batak Angkola
Subjects: 2X2 HADIS DAN ILMU TERKAIT > 2X2.3 Kumpulan hadist menurut bidang tertentu > 2X2.36 Hadist mengenai kemasyarakatan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Hadis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:04
Last Modified: 03 Apr 2023 05:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18414

Actions (login required)

View Item View Item