Analisis Dampak Bantuan Pemerintah Pada masa Pandemi Covid 19 Dalam Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Pada Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Asahan

Sihombing, Muhammad Fiky (2022) Analisis Dampak Bantuan Pemerintah Pada masa Pandemi Covid 19 Dalam Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Pada Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover-1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (493kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (311kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Fiky Sihombing, NIM0503172116, dengan judul “Analisis Dampak Bantuan Pemerintah Pada Masa Pandemi Covid 19 Dalam Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Pada Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Di Kabupaten Asahan” di bawah bimbingan Bapak Dr. Muhammad Arif, MA sebagai pembimbing skripsi I dan Ibu Nursantri Yanti, M.E.I sebagai sebagai pembimbing skripsi II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagaimana Dampak Bantuan Pemerintah Pada Masa Pandemi COVID 19 dalam Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Pada Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Asahan. 2) Apakah Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) di memanfaatkan secara tepat oleh UMKM di kabupaten Asahan, Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan datadilakukan dengan melakukan wawancara dengan penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro, Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Asahan, serta Dokumentasi di Dinas Koperasi dan Perdagangan. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data selanjutnya ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Dampak Bantuan Pemerintah Pada Masa Pandemi COVID 19 dalam Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) Pada Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat di Kabupaten Asahan yang diberikan pemerintah khususnya pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan harapan mampu memberikan dorongan untuk bangkit pada masa pandemi saat ini agar dapat berjalan sebagaimana mestinya, Bantuan tersebut berdampak pada pertumbuhan ekonomi para pelaku UMKM yang memanfaatkan program BPUM tersebut secara baik dan sesuai yang di harapkan pemerintah dan begitu juga sebaliknya pelaku UMKM yang memanfaatkan bantuan tersebut tidak baik maka mengakibatkan penurunan pendapatan bahkan hingga mereka memilih untuk menutup sementara Usaha Mikro Kecil Menengah yang di milikinnya. 2) Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) di manfaatkan secara baik dan tepat oleh Para Pelaku Usaha MikroKecil Menengah (UMKM) di kabupaten Asahan di lihatari jumlah persentase 66% pada responden para penerima bantuan pemerintah tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bantuan Pemerintah, Bantuan Produktif, Mikro
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Apr 2023 01:59
Last Modified: 03 Apr 2023 01:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18404

Actions (login required)

View Item View Item