Analisis Restrukturisasi sebagai Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Bermasalah (Studi Kasus PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Binjai)

Ningsih, Devi Aprilia (2022) Analisis Restrukturisasi sebagai Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Bermasalah (Studi Kasus PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Binjai). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (911kB)

Abstract

Pembiayaan merupakan suatu kegiatan bank syariah dalam menyalurkan dananya kepada pihak nasabah yang membutuhkan dana dengan menggunakan prinsip syariah. Pembiayaan yang telah diberikan bank kepada pihak lain atau nasabah harus dikembalikan nasabah dalam jangka waktu tertentu dan sesuai dengan kesepakatan diawal akad. Namun, dalam praktiknya pelaksanaan pembiayaan di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Binjai terkadang dijumpai cidera janji atau tidak berjalan sebagaimana yang telah disepakati antara kedua belah pihak pada awal akad. Adapun risiko-risiko yang harus dihadapi pihak bank yaitu salah satunya nasabah tidak dapat mampu mengembalikan pembiayaan yang telah diberikan oleh PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Binjai. Tujuan peneliti untuk mengetahui penerapan restrukturisasi dalam penyelamatan pembiayaan murabahah bermasalah dan juga untuk mengetahui faktor penyebab pembiayaan murabahah bermasalah bisa terjadi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan metode pengumpulan datanya yaitu dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Binjai melakukan restrukturisasi dengan cara penjadwalan kembali (Rescheduling), persyaratan kembali (Reconditioning), dan sedangkan penataan kembali (Restrukturing) jarang digunakan di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Binjai. Penyebab pembiayaan murabahah bermasalah disebabkan oleh faktor internal atau yang berasal dari pihak bank itu sendiri tetapi ini jarang terjadi di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu Syariah Binjai dan faktor eksternal atau yang berasal dari nasabah itu sendiri dengan cara sengaja ataupun tidak sengaja. Faktor eksternal ini merupakan faktor yang sering ataupun dominan yang menyebabkan pembiayaan murabahah bermasalah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Restrukturisasi, Pembiayaan Murabahah Bermasalah
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Mar 2023 05:23
Last Modified: 31 Mar 2023 05:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18387

Actions (login required)

View Item View Item