Implementasi Program Penangulangan Tb Paru Dengan Strategi Dots (Directly Observed Treatment Shortcourse) Di Puskesmas Gunting Saga

Harahap, Mila Nurlia (2023) Implementasi Program Penangulangan Tb Paru Dengan Strategi Dots (Directly Observed Treatment Shortcourse) Di Puskesmas Gunting Saga. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V .pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (590kB)

Abstract

Tuberkulosis (TBC) masih merupakan masalah kesehatan masyarakat yang menjadi tantangan global. Tuberkulosis adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis. untuk melihat bagaimana Implementasi Program Penanggulangan TB Paru dengan strategi Directly Observed Treatment Shortcourse di Puskesmas Gunting Saga. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas tentang implementasi program penanggulangan Tuberkulosis di Puskesmas Gunting Saga. Penelitian kualitatif dalam hal ini adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data-data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan observasi. Informan pada penelitian ini terdiri dari 5 Orang Informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program penanggulangan Tuberkulosis sudah berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan komitmen politis jajaran pengambil kebijakan yang terjalin sudah mendukung program DOTS. Deteksi kasus dilakukan melalui penjaringan oleh petugas Tuberkulosis. Pendistribusian obat diatur langsung oleh petugas Tuberkulosis kemudian diberikan langsung kepada PMO atau penderita itu sendiri. kinerja PMO belum pernah mendapatkan penyuluhan secara khusus oleh petugas kesehatan. pencatatan dan pelaporan sudah cukup baik dan lengkap. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan kepada Puskesmas agar meningkatkan penyuluhan/pelatihan kesehatan terutama pengenalan, penularan dan bahaya dari penyakit Tuberkulosis.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, TB Paru, Strategi DOTS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 31 Mar 2023 05:30
Last Modified: 31 Mar 2023 05:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18384

Actions (login required)

View Item View Item