Analisis Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas (Studi Kasus Pada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara)

Fertianti, Adinda Aulia (2021) Analisis Sistem Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas (Studi Kasus Pada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER 1.pdf

Download (494kB)
[img] Text
BAB I-ADINDA AULIA FERTIANTI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB II- ADINDA AULIA FERTIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB III-ADINDA AULIA FERTIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB IV-ADINDA AULIA FERTIANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB V-ADINDA AULIA FERTIANTI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - ADINDA AULIA FERTIANTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas pada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara. Penerimaan kas merupakan sumber yang sangat penting untuk melakukan aktivitas transaksi penerimaan uang secara tunai. Unsur-unsur yang terdapat dalam penerimaan kas yaitu fungsi-fungsi yang terkait harus sesuai dan cukup memadai yang diperlukan oleh sistem penerimaan kas, dokumen-dokumen yang digunakan harus memadai untuk mencakup transaksi-transaksi yang terjadi pada perusahaan, catatan akuntansi yang cukup memadai, dan jaringan prosedur yang berbentuk sistem untuk memudahkan semua pihak. Pengeluaran kas merupakan suatu kebutuhan dimana beberapa transaksi dibayar secara tunai. Unsur-unsur yang terkait pengeluaran kas yaitu fungsi yang terkait harus memadai, dokumen-dokumen yang digunakan harus cukup memadai, dan catatan akuntansi yang cukup memadai. Pada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara penerimaan dan pengeluaran kas belum berjalan dengan baik karena ada beberapa fungsi, dokumen dan catatan akuntansi yang tidak digunakan dalam penerimaan dan pengeluaran kas dan juga adanya perangkapan fungsi atau tugas, sehingga peneliti melakukan analisis terhadap KPRI INSKO. Adapun tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui bagaimana penerimaan dan pengeluaran kas pada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara sesuai teori yang sudah di paparkan agar penerimaan dan pengeluaran kas berjalan dengan baik. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara secara mendalam (Indepth Interview) dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa sistem penerimaan dan pengeluaran kas pada KPRI INSKO Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara masih belum berjalan dengan baik dan belum sesuai dengan unsur-unsur yang terkait pada penerimaan dan pengeluaran kas masih ada beberapa fungsi, dokumen dan catatan akuntansi yang belum cukup memadai. Juga terdapat kendala-kendala dalam menerapkan sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas, dan masih adanya perangkapan tugas atau fungsi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sistem Penerimaan Kas, Sistem Pengeluaran Kas.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Mar 2023 04:52
Last Modified: 31 Mar 2023 04:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18382

Actions (login required)

View Item View Item