Hukum Penerimaan Upah Melalui Aplikasi Goins Menurut Pendapat Wahbah Az-Zuhaili (Studi Kasus di Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung Kota Medan)

Ritonga, Muhammad Faisal Khairullah (2022) Hukum Penerimaan Upah Melalui Aplikasi Goins Menurut Pendapat Wahbah Az-Zuhaili (Studi Kasus di Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung Kota Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER, Muhammad Faisal Khairullah Ritonga.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB I, Muhammad Faisal Khairullah Ritonga.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB II, Muhammad Faisal Khairullah Ritonga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
BAB III, Muhammad Faisal Khairullah Ritonga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV, Muhammad Faisal Khairullah Ritonga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[img] Text
BAB V, Muhammad Faisal Khairullah Ritonga.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA, Muhammad Faisal Khairullah Ritonga.pdf

Download (1MB)

Abstract

.Goins adalah aplikasi penghasil uang yang menawarkan bisnis bagi siapa saja untuk mendapatkan upah (ujrah) dari pekerjaan atau jasa yang diberikan. Akad Ijarah dilakukan penyedia jasa aplikasi Goins (mu‟jir) kepada pengguna aplikasi Goins (musta‟jir/„ajir) melalui platform internet dengan membayar registrasi pendaftaran yang jumlahnya ditentukan secara sepihak oleh penyedia jasa aplikasi Goins. Setelah melakukan registrasi, barulah pengguna aplikasi Goins (musta‟jir/„ajir) bisa menjalankan pekerjaan dengan menonton video, menglike, dan mengscreenshot kemudian dikirim pada platform tugas. Video yang ditonton merupakan video yang telah ditentukan oleh aplikasi Goins, seperti iklan sabun, pakaian olah raga, iklan produk-produk ilegal, hingga trailer film-film vulgar dan pekerjaan tersebut bertentangan dengan syariah. dalam skripsi ini penulis membahas tentang bagaimana pelaksanaan upah pada aplikasi Goins, bagaimana pendapat tokoh masyarakat tentang hukum penerimaan upah melalui aplikasi Goins dan bagaimana hukum menerima upah melalui aplikasi goins menurut Wahbah Az-Zuhaili. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan pendekatan kualitatif. Sumber datanya meliputi data primer data sekunder. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah induktif. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian ini, pelaksanaan aplikasi goins diawali dengan mendaftar akun Goins kemudian melakukan deposit agar bisa menerima tugas dari aplikasi Goins, menurut beberapa tokoh masyarakat yang penulis wawancari, bahwa hukum menerima upah melalui aplikasi goins adalah haram karena tidak sesuai dengan ketentuan syariah, dan hukum menerima upah melalui aplikasi Goins menurut Wahbah Az-Zuhaili yang dilakukan di Kelurahan Sidorejo Hilir Kecamatan Medan Tembung adalah haram karena tidak memenuhi rukun dan syarat dalam akad ijarah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum, Upah, Goins, Aplikasi, Wahbah Az-Zuhaili.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Mar 2023 03:56
Last Modified: 31 Mar 2023 03:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18373

Actions (login required)

View Item View Item