Faktor – faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan vaksinasi covid 19 pada lansia diwilayah kerja puskesmas bandar durian Labuhanbatu Utara

Rahmawati, Juliana (2022) Faktor – faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan vaksinasi covid 19 pada lansia diwilayah kerja puskesmas bandar durian Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI JULIANA RAHMAWATI.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB 1 JULIANA RAHMAWATI.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB 2 JULIANA RAHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img] Text
BAB 3 JULIANA RAHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
BAB 4 JULIANA RAHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img] Text
BAB 5 JULIANA RAHMAWATI.pdf

Download (225kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN JULIANA RAHMAWATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyakit Covid-19 yang diakibatkan oleh virus SARS-CoV-2 (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2) telah menjadi masalah kesehatan yang serius perlu ditangani. WHO telah menetapkan pandemi penyakit COVID-19 sebagai keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian dunia internasional. Orang yang mudah terinfeksi Covid-19 salah satunya adalah lansia, untuk mencegah terinfeksinya Covid-19 dapat dilakukan dengan cara vaksinasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pemanfaatan vaksin covid-19 pada masyarakat lansia di wilayah kerja Puskesmas Bandar Durian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Total populasi sebanyak 1926 jiwa dengan mengunakan rumus proportional random sampling oleh Notoatmodjo menjadi 96 responden. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis univariat dan analisis bivariate, hasil penelitian terdapat hubungan pengetahuan (p=0,000), dukungan keluarga (p=0,005), penyakit tidak menular (p=0.012) dan kepercayaan (p=0,004) dengan pemanfaatan vaksinasi covid-19 di Puskesmas Bandar Durian Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2022. Dan terdapat tidak ada hubungan riwayat covid-19 (p=0,791) dengan pemanfaatan vaksinasi covid-19 di Puskesmas Bandar Durian Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2022. Kesimpulan terdapat hubungan dari pengetahuan, dukungan keluarga, penyakit tidak menular dan kepercayaan terhadap vaksin covid-19, dan Riwayat covid-19 yang tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan pemanfaatan vaksinasi covid-19 di Puskesmas Bandar Durian Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2022. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada pihak Puskesmas diharapkan secara rutin memberikan penyuluhan/pemahaman tentang bahaya covid dalam kehidupan masyarakat, sehingga meningkatkan kepercayaan masyarakat dari isu-isu yang tidak benar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, vaksin covid-19, lansia dan Puskemas
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:39
Last Modified: 30 Mar 2023 05:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18362

Actions (login required)

View Item View Item