Analisis Kesadaran Masyarakat Dalam Melakukan Pembayaran Zakat Pertanian (Studi Kasus Petani Padi Di Desa Pasar Sayur Matinggi Kec. Dolok Sigompulon Kab. Padang Lawas Utara)

Rambe, M. Jepri Pratama (2021) Analisis Kesadaran Masyarakat Dalam Melakukan Pembayaran Zakat Pertanian (Studi Kasus Petani Padi Di Desa Pasar Sayur Matinggi Kec. Dolok Sigompulon Kab. Padang Lawas Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (767kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (566kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat rendahnya kesadaran masayarakat di Desa Pasar Sayur Matinggi dalam mengeluarkan zakat pertanian. Dapat ditandai dengan semakin meningkatnya jumlah petani di Desa Pasar Sayur Matinggi tetapi kesejahteraan masyarakat yang stabil bahkan cendrung menurun. Metode penelitian pada penelitian ini ada metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode field research. Pada penelitian menggunakan teknik wawancara, Observasi dan Dokumentasi dengan jumlah sampel 17 orang. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komposional. Kemudian mendapatkan hasil bahwasanya masyarakat di Desa Pasar Sayur Matinggi cukup memahami tentang zakat fitrah saja, karena zakat fitrah menjadi kebiasaan secara turun temurun yang sering dilakukan di masyarakat ketika akhir bulan ramadhan, sehingga pengetahuan masyarakat di Desa Pasar Sayur Matinggi sudah cukup baik jika mengenai zakat fitrah. Sebagian masyarakat menyalurkan zakatnya dengan cara yang salah dan mereka tidak peduli akan ketentuannya hanya saja, mereka merasa sudah saja mengeluarkan sebagian hartanya sudah dihitung membayar zakat. Dari pemaparan bab sebelumnya didapatkan hasil masyarakat kurang akan kesadaran membayar zakat dilatar belakangi beberapa faktor diantaranya, rendahnya pendidikan masyarakat di Desa Pasar Sayur Matinggi sehingga tidak perduli dengan adanya kewajiban berzakat, kemudian faktor sosial yang mendahulukan orang terdekat padahal jika zakat disalurkan ke Amil Zakat maka penyalurannya juga pasti akan merata. Dan yang terakhir adat istiadat atau kebiasaan masyarakat yang membuat masyarakat masih enggan mendalami akan zakat dan juga peran zakat. Padahal Potensi zakat yang terdapat di masyarakat di Desa Pasar Sayur Matinggi secara umum sangat bagus. Dapat dibuktikan berdasarkan luasnya lahan pertanian yang terdapat di Desa Pasar Sayur Matinggi cukup luas sehingga hasil pertanian sudah mencapai nishabnya. Apabila dilaksanakan dan disalurkan dengan baik oleh para petani sehingga akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat di Desa Pasar Sayur Matinggi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran, Pembayaran, Zakat Pertanian
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:35
Last Modified: 30 Mar 2023 05:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18361

Actions (login required)

View Item View Item