Implementasi kearifan lokal masyarakat Jawa dalam acara menyambut hari besar Islam di Desa Jati Kesuma Namo Rambe Deli Serdang

Mardiyah, Ainun (2022) Implementasi kearifan lokal masyarakat Jawa dalam acara menyambut hari besar Islam di Desa Jati Kesuma Namo Rambe Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER AINUN MARDIYAH.pdf

Download (748kB)
[img] Text
BAB 1 AINUN MARDIYAH.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB 2 AINUN MARDIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img] Text
BAB 3 AINUN MARDIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB 4 AINUN MARDIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
BAB 5 AINUN MARDIYAH.pdf

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA&LAMPIRAN AINUN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “implementasi kearifan lokal masyarakat Jawa dalam acara menyambut hari besar Islam di Desa Jati Kesuma Namo Rambe Deli Serdang” yang dilatar belakangi disejumlah desa Jati Kesuma tersebut bermayoritas suku Jawa sehingga dengan adanya perayaan hari besar Islam masyarakat mempersiapkan segala wejangan untuk dirayakan setiap setahun sekali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kearifan lokal masyarakat Jawa dalam acara menyambut hari besar Islam di Desa Jati Kesuma Kecamatan Namo Rambe Kabupaten Deli Serdang. Informan yang dapat memberikan informasi dalam penelitian ini diantaranya terdiri atas mahasiswi, Tokoh Agama, Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa), dan penduduk setempat masyarakat Desa Jati Kesuma Kecamatan Namo Rambe Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggambarkan suatu pelaksanaan kearifan yang dilakukan oleh masyarakat Jawa saat menyambut hari besar Islam terkhususnya bulan suci Ramadhan. Hal ini dikarenakan di suatu desa kearifan lokal sat menyambut bulan suci Ramadhan adalah moment yang paling spesial dan dikatakan sebagai moment yang paling menonjol diramaikan setiap masyarakat di Desa Jati Kesuma. yang merupakan upacara-upacara tahunan karena setahun sekali melaksanakannya dan dilaksanakan oleh golongan tua maupun golongan muda dengan tujuan untuk mempererat tali silatuhrahmi serta menjalin ukhuwah antar sesama. Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Karena peneliti meneliti secara langsung yang dapat disaksikan oleh mata melalui observasi, wawancara maupun dokumentasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kearifan Lokal, Masyarakat Jawa, Hari Besar Islam.
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:00
Last Modified: 30 Mar 2023 04:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18341

Actions (login required)

View Item View Item