Metode dan Penerapan Bimbingan dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Zawiyatul Huffazh Martubung

Lubis, Fadhilla Irani (2022) Metode dan Penerapan Bimbingan dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Zawiyatul Huffazh Martubung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Dila.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan pembimbing dalam menghafal Al-Qur’an, mengetahui apa saja hambatan dari metode tersebut dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, observasi. Adapun teknik analisisnya meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Zawiyatul Huffazh Martubung dengan jumlah 6 informan yaitu Kepala Yayasan, 1 orang ustazah, 1 orang ustaz, dan 4 santriwati lainnya. Hasil penelitian ini, adalah: Metode bimbingan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode umum dan metode khusus. Metode umum antara lain: Keikhlasan, menghafal waktu kecil, memilih waktu yang tepat, proses menghubungkan antara ayat-ayat yang akan membuat hafalan yang saling bersambung, proses hitung dapat menjaga hafalan baru dari terlepas dan hilang, hafalan harian secara teratur. Metode khusus yang dipakai yaitu metode wahdah, jama’, dan sima’i. Faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu menghafal dalam kelas, adanya rasa malas dalam diri santriwati. Upaya pembimbing dalam mengatasi hambatan tersebut dengan cara pembimbing harus dapat membagi waktu dengan baik antara awal pembelajaran, menjelaskan materi, dan menerapkan metode hafalan sampai penyetoran hafalan di dalam kelas. Kemudian harus berusaha semaksimal mungkin untuk melawan rasa malas pada saat mengajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode, Penerapan, Menghafal Al-Qur'an.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:51
Last Modified: 30 Mar 2023 03:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18339

Actions (login required)

View Item View Item