Peranan manajemen pembelajaran kooperatif pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia materi fakta dan opini pada Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Kota Sibolga

Azima, Nur (2011) Peranan manajemen pembelajaran kooperatif pada bidang studi bahasa dan sastra Indonesia materi fakta dan opini pada Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Kota Sibolga. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Nur Azima.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen Pembelajaran Kooperatif pada Bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia di MTs Islamiyah Sibolga. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui secara komprehensif penerapan manajemen pembelajaran kooperatif pada Bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang dilakukan oleh pendidik di MTs Islamiyah Sibolga, dan secara khusus penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui (1) Peranan perencanaan pembelajaran kooperatif Bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia di MTs Islamiyah Sibolga, (2) proses pengorganisasian pembelajaran kooperatif pada Bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia di MTs Islamiyah Sibolga (3) pelaksanaan pembelajaran kooperatif pada Bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia di MTs Islamiyah Sibolga (4) Peran evaluasi pembelajaran kooperatif pada Bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia di MTs Islamiyah Sibolga. Sesuai hasil penelitian penulis di lapangan ada empat temuan yang menjadi permasalahan dalam tulisan ini yaitu : (1). Dalam pembuatan perencanaan perangkat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) belum ada peningkatan yang signifikan, terutama penetapan indicator masih copy dari tahun ke tahun, sebelumnya ketersediaan media pembelajaran tidak memadai masih sebatas alat – alat tulis, buku dan gambar, beluam ada media transparansi secara lengkap. (2). Belum adanya pembantu kepala sekolah di bidang humas (hubungan masyarakat) sehingga mengakibatkan pembagian tugas dan tanggung jawab belum terdistribusi secara optimal hanya di pikul oleh kepala madrasah. (3). Pelaksanaan pembelajaran kooperatif pada Bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia di MTs Islamiyah Sibolga belum optimal sesuai dengan yang di harapkan oleh kurikulum, pelaksanaan proses pembelajaran, pendidik tidak menggunakan pendekatan strategi pembelajaran berbasis masalah secara maksimal, tetapi di dominasi metode ceramah, mengakibatkan peserta didik kurang efektif, kreatif, inovatif dan dialogis. Penggunaan media belum maksimal, karena keterbatasan, serta belum menggunakan media transparansi, seperti infocus, laptop, dan lain-lain. (4). Belum semua pendidik menyusun soal evaluasi dengan menggunakan kisi-kisi soal, sehingga tingkat kevaliditas soal belum terjamin. Upaya peningkatan manajemen pembelajaran kooperatif Bidang Studi Bahasa dan Sastra Indonesia di MTs Islamiyah Sibolga adalah pendidik. dengan menerapkan strategi pembelajaran melalui pendekatan kooperatif terprogram, sistematis dan konsisten, sedangkan madrasah melengkapi kebutuhan sarana, fasilitas pendidik lebih optimal, sekaligus pengawasan dilakukan oleh kepala madrasah dan badan pengawas madrasah dengan baik dan sesuai aturan.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 17 Jul 2017 08:27
Last Modified: 17 Jul 2017 08:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1833

Actions (login required)

View Item View Item