Konsep Mabit Dalam Pembinaan Akhlak Santri (Studi Terhadap Yayasan Pendidikan Sahabat Quran di Sei Bejangkar Kabupaten Batu Bara)

Huda, Baiq Nurul (2021) Konsep Mabit Dalam Pembinaan Akhlak Santri (Studi Terhadap Yayasan Pendidikan Sahabat Quran di Sei Bejangkar Kabupaten Batu Bara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (573kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (763kB)

Abstract

Pembinaan akhlak adalah sebagai usaha sungguh-sungguh dalam rangka bertujuan membentuk pribadi santri. Dengan menggunakan pembinaan yang terprogram dengan baik dan di laksanakan dengan sungguh-sungguh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep mabit dalam pembinaan akhlak pada Yayasan Pendidikan Sahabat Quran di Sei Bejangkar. Penelitian ini bertujuan untuk pertama, mengetahui konsep mabit yang diterapkan Yayasan Pendidikan Sahabat Quran dalam membina Akhlak Santri. Kedua, Untuk mengetahui program-program pembinaan Yayasan Pendidikan Sahabat Quran dalam pembinaan Akhlak Santri dan Ketiga Untuk mengetahui penerapan yang dilakukan Yayasan Pendidikan sahabat quran dalam pembinaan akhlak. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan, dan menganalisis. Untuk mengetahui konsep mabit dalam pembinaan akhlak santri di Yayasan Pendidikan Sahabat Quran dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi konsep mabit dalam pembinaan akhlak santri pada Yayasan Pendidikan Sahabat Quran di Sei Bejangkar Pertama, Yayasan Pendidikan Sahabat Quran telah mengimplentasikan pembinaan akhlak pada santri melalui kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT) serta kegiatannya berjalan dengan baik dan sesuai dengan perencanaan yang sudah tersusun. Kedua, program kegiatan mabit dalam pembinaan akhlak Yayasan Pendidikan Sahabat Quran di Sei Bejangkar melalui program fiqh aplikatif, fardhu kifayah, muhasabah, kultum, ngaji bareng, shalat berjamaah, qiyamul lail. Ketiga, penerapan pembinaan akhlak yang dilakukan Yayasan Pendidikan Sahabat Quran adalah memberikan contoh yang baik, setelah itu santri di beri pemahaman kepada santi, lalu santri disuruh untuk mempraktekkannya langsung. Dari hasil yang telah dilakukan banyak manfaat yang didapat oleh para santri dalam bulan pertama, dalam minggu-minggu berikutnya. Bahkan mereka itu lebih senang untuk menghadiri majelis mabit tersebut. Di mana dari kesenangan itu juga bisa dilihat bahwa mereka itu bahagia, mereka itu ceria dalam mengikuti kegiatan mabit tersebut, dan itu adalah salah satu bukti bahwa mereka itu sangat senang untuk diarahkan, sangat senang untuk diberikan motivasi sehingga akhlak meraka juga bisa baik ketika dirumah, bergaul di masyarakat serta juga ketika berada di lingkungan rumah sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Akhlak, Konsep Mabit
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.1 Falsafah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 29 Mar 2023 03:47
Last Modified: 29 Mar 2023 03:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18307

Actions (login required)

View Item View Item